Penerapan pembelajaran berbasis masalah setting kooperatif think pair share untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang / Chusnul Chotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis masalah setting kooperatif think pair share untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang / Chusnul Chotimah

Chotimah, Chusnul (2014) Penerapan pembelajaran berbasis masalah setting kooperatif think pair share untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang / Chusnul Chotimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chotimah Chusnul. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Setting Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas VIII-A SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Tesis Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S. M.Sc (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Masalah Think-Pair-Share Kegiatan pembelajaran di kelas sering textbook oriented dan kurang dikaitkan dengan lingkungan dan situasi di mana peserta didik berada. Seringkali kegiatan kelas melalui metode ceramah memberi rumus memberi contoh soal dan menyelesaikannya kemudian guru memberikan soal yang mirip dengan contoh dan peserta didik diminta untuk menyelesaikannya seperti yang dicontohkan oleh guru dan diikuti pemberian tugas rumah sehingga peserta didik kurang paham dalam memahami masalah dan tidak dapat mencari pemecahan masalah yang diharapkan. Penerapan pembelajaran berbasis masalah menjadikan peserta didik dapat menyusun pengetahuan sendiri menumbuhkembangkan keterampilan yang lebih tinggi dan meningkatkan kepercayaan diri. Salah satu strategi pembelajaran matematika yang berorientasi pada pandangan konstruktivis adalah belajar kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Pada tahap think guru memberikan permasalahan kepada peserta didik kemudian peserta didik menyelesaikan masalah dengan cara atau strategi mereka sendiri. Guru mengarahkan peserta didik untuk mengkonfirmasi masing-masing jawaban dan strategi pemecahan masalah dengan pasangannya (pair). Selanjutnya guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas (share). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterapkan pada 41 peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang semester gasal bertujuan untuk mendiskripsikan proses penerapan pembelajaran berbasis masalah setting kooperatif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika pada sistem persamaan linear dua variabel. Instrumen pengumpulan data meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran lembar kegiatan peserta didik lembar pengamatan aktivitas guru lembar pengamatan aktivitas peserta didik pedoman wawancara dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas peserta didik berada pada kriteria aktif untuk siklus I dan II (meningkat dari 84 52% menjadi 88 84%) (2) Aktivitas guru berada pada kriteria baik untuk siklus I dan II (meningkat dari 89 42% menjadi 91 83 %) (3) Ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 80 49% pada siklus I meningkat menjadi 85 37% pada siklus II nilai rata-rata hasil tes adalah 82 44 pada siklus I meningkat menjadi 82 49 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110395

Actions (login required)

View Item View Item