Penggunaan papan berlubang dan manik-manik untuk memahamkan siswa kelas IV tentang FPB dan KPK melalui pendekatan kontekstual di SDN Talangsuko 01 / An'am - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan papan berlubang dan manik-manik untuk memahamkan siswa kelas IV tentang FPB dan KPK melalui pendekatan kontekstual di SDN Talangsuko 01 / An'am

An'am (2014) Penggunaan papan berlubang dan manik-manik untuk memahamkan siswa kelas IV tentang FPB dan KPK melalui pendekatan kontekstual di SDN Talangsuko 01 / An'am. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

An Am. 2014. Penggunaan Papan Berlubang dan Manik-manik untuk Memahamkan Siswa Kelas IV tentang Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Melalui Pendekatan Kontekstual di SDN Talangsuko 01. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci Papan Berlubang Manik-manik FPB dan KPK Pemahaman Pendekatan Kontekstual Penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman siswa tentang faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pemahaman siswa tentang faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dengan menggunakan papan berlubang dan manik-manik melalui pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan papan berlubang dan manik-manik untuk memahamkan siswa kelas IV tentang FPB dan KPK melalui pendekatan kontekstual di SDN Talangsuko 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Terdapat dua dua siklus dalam penelitian ini dan setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Talangsuko 01. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari (a) hasil observasi (b) hasil tes (c) hasil wawancara dan (d) hasil catatan lapangan. Kriteria yang ditetapkan peneliti tercapai pada siklus II yaitu (1) persentase siswa yang mencapai KKM telah sudah di atas 70% (2) persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep adalah 67%. persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan prosedur adalah 70% dan persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan kalkulasi adalah 75% dan (3) Aktivitas guru dan siswa masing-masing berada pada kategori sangat baik dan aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran penggunaan papan berlubang melalui pendekatan kontekstual dapat memahamkan siswa kelas IV tentang FPB dan KPK yaitu (1) menyampaikan tujuan pembelajaran (2) menggali pengetahuan prasyarat tentang perkalian pembagian faktor dan kelipatan (3) menciptakan masyarakat belajar melalui pembentukan 5 kelompok (4) memodelan penggunaan papan berlubang dengan melibatkan siswa sehingga siswa dapat menemukan dan membentuk pengetahuannya tentang FPB dan KPK (5) meminta siswa bekerja sama dalam kelompok utnuk menyelesaikan soal-soal yang ada di LKS (6) melakukan pengundian nama kelompok untuk menyajikan hasil diskusi secara bergantian (7) membimbing siswa merefleksi apa yang telah dipelajari dengan membuat kesimpulan dan (8) memberikan penilaian yang sebenarnya yang diperoleh dari nilai LKS kuis keaktifan dan hasil tes akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110394

Actions (login required)

View Item View Item