Pengembangan model Group Mentoring Learning (GML) berbasis open ended pada materi barisan dan deret untuk siswa SMA/SMK kelas 10 / Ratna Yulis Tyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model Group Mentoring Learning (GML) berbasis open ended pada materi barisan dan deret untuk siswa SMA/SMK kelas 10 / Ratna Yulis Tyaningsih

Tyaningsih, Ratna Yulis (2014) Pengembangan model Group Mentoring Learning (GML) berbasis open ended pada materi barisan dan deret untuk siswa SMA/SMK kelas 10 / Ratna Yulis Tyaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tyaningsih R. Y. 2014. Pengembangan Model Group Mentoring Learning (GML) Berbasis Open Ended pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMA/SMK Kelas 10. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata Kunci Model GML group mentoring Open Ended Barisan dan Deret. Kemampuan berpikir kreatif sangat penting untuk dimiliki siswa dalam menyelesaikan masalah matematik terutama masalah yang berkaitan dengan materi barisan dan deret. Adanya pengembangan model Group Mentoring Learning (GML) Berbasis Open Ended merupakan salah satu usaha untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah tentang barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Plomp yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) investigasi awal (2) perancangan (3) realisasi/konstruksi (4) pengujian evaluasi dan revisi dan (5) implementasi. Produk akhir dalam penelitian ini adalah model GML Berbasis Open Ended beserta petunjuk pelaksanaan model GML yang dikemas dalam satu buku. Model GML Berbasis Open Ended termasuk kelompok model Pengajaran Sosial yang memfokuskan interaksi antarindividu untuk membangun pengetahuan baru. Model ini terdiri dari 6 sintaks yaitu (1) Orientasi (2) Diskusi Kelompok (3) Compare (4) Mentoring (5) Presentasi hasil diskusi dan (6) Evaluasi Pembelajaran. Model ini diujicobakan ke siswa kelas 10 di SMK N 12 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Uji Coba I diperoleh kesimpulan model dan perangkat pembelajaran valid dengan skor 8805 3. Untuk uji kepraktisan model pembelajaran termasuk kategori praktis dengan skor 3 4 tetapi untuk uji keefektifan model belum memenuhi kriteria efektif. Sementara uji kepraktisan pada Uji Coba II diperoleh kesimpulan model termasuk kategori praktis dengan skor 3 656 dan pada uji keefektifan model termasuk kategori efektif. Dengan demikian pada Uji Coba II diperoleh kesimpulan model valid praktis dan efektif. Berdasarkan penelitian pengembangan ini disarankan agar dilakukan pengembangan model untuk materi barisan dan deret atau materi-materi lain yang lebih kreatif inovatif dan efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Model ini juga dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk melakukan pengkajian dan pengembangan yang lebih lanjut sehingga diperoleh model sejenis yang lebih baik. Adapun pengembangan yang dilakukan sebaiknya memperhatikan kelemahan-kelemahan model pembelajaran yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110393

Actions (login required)

View Item View Item