Pengembangan model pembelajaran Round Robin dengan Pendekatan Problem Posing (2R2P) materi sistem persamaan linier dua variabel / Nonik Indrawatiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran Round Robin dengan Pendekatan Problem Posing (2R2P) materi sistem persamaan linier dua variabel / Nonik Indrawatiningsih

Indrawatiningsih, Nonik (2014) Pengembangan model pembelajaran Round Robin dengan Pendekatan Problem Posing (2R2P) materi sistem persamaan linier dua variabel / Nonik Indrawatiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indrawatiningsih Nonik. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Round Robin dengan Pendekatan Problem Posing (2R2P). Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci Round Robin Problem Posing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran yang valid praktis dan efektif. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari model penelitian dan pengembangan (Reseach and Development R D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang meliputi tahap pendahuluan tahap pengembangan dan tahap uji coba. model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori kooperatif dan problem posing yang merupakan teori konstruktivis dengan menggabungkan kedua teori tersebut sehingga didapatkan sintak model pembelajaran Round Robin Problem Posing (2R2P). Selain sintak juga menghasilkan buku panduan guru dan buku siswa yang didesain sesuai dengan model pembelajaran 2R2P. Produk ini telah beberapa kali melalui tahap revisi berdasarkan saran dan masukan dari dosen pembimbing validator dan uji lapangan. Hasil dari penelitian pengembangan antara 1) sintak baru yaitu sintak model pembelajaran 2R2P yang terdiri dari (a) pembentukan kelompok (b) penyajian masalah (c) pembuatan soal setiap siswa (d) penukaran hasil pembuatan soal kepada kelompok lain (e) pengerjaan soal yang telah diterima setiap siswa dari kelompok lain (f) pengembalian soal kepada si pembuat soal (g) proses diskusi antara si pembuat soal dan si penjawab soal (h) pembahasan soal yang sudah dikerjakan siswa 2) buku panduan guru yang terdiri dari (a) RPP (b) Buku Siswa (c) Perangkat Penilaian. Berdasarkan penilaian validator hasil validasi kesesuaian RPP dengan sintaks model 2R2P diperoleh RPP dengan rata-rata 81 67% dengan kriteria valid.Sedangkan hasil validasi panduan guru dan buku siswa diperoleh persentase rata-rata 81% dengan kriteria valid. Kepraktisan model pembelajaran ini dapat dilihat dari keterlaksanaan dari setiap langkah-langkah model pembelajaran 2R2P yang dapat dilihat dari lembar pengamatan aktivitas guru. Adapun rata-rata hasil pengamatan aktivitas guru oleh para observer adalah 81% dengan kategori baik. Keefektifan model pembelajaran ini dapat dilihat dari seberapa kuat hubungan antar variabel yaitu aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa melalui uji korelasi. Berdasarkan hasil uji korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara antara aktivitas belajar matematika siswa dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran 2R2P pada siswa kelas VIII D SMP Brawijaya Smart School Malang dibuktikan dengan bantuan program SPSS 16 diketahui r hitung r tabel ( 0 725) pada taraf kesalahan sebesar 1%. Ini berarti meningkatnya aktivitas belajar siswa disertai dengan meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110392

Actions (login required)

View Item View Item