Agustina, Winda (2014) Meningkatkan pemahaman materi KPK dan FPB melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan bilangan kalender di kelas V SD Negeri Mojorejo 02 Batu / Winda Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Agustina Winda. 2013. Meningkatkan Pemahaman Materi KPK dan FPB Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbantuan Bilangan Kalender di Kelas V SD Negeri Mojorejo 02 Batu. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata Kunci Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Kalender KPK dan FPB KPK dan FPB merupakan dua topik penting dalam matematika sekolah dasar karena keduanya digunakan pada penjumlahan dan pengurangan pecahan dan keduanya banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika yang efektif untuk meningkatkan pemahaman materi KPK dan FPB melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan bilangan kalender di kelas V SD Negeri Mojorejo 02 Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dimulai dengan merencanakan memberi tindakan mengamati dan merefleksi. Kegiatan merencanakan adalah menyusun perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian kemudian memvalidasinya serta membentuk kelompok belajar. Kegiatan memberi tindakan adalah pembelajaran KPK dan FPB melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan bilangan kalender seperti yang terlampir pada RPP. Kegiatan mengamati dilakukan oleh dua orang pengamat secara bersamaan dengan peneliti melakukan tindakan. Kegiatan merefleksi dilakukan berdasarkan hasil pengamatan kemudian mengambil kesimpulan apakah pemahaman siswa terhadap materi KPK sudah meningkat atau belum. Kegiatan guru dalam penerapan pembelajaran matematika yang efektif untuk meningkatkan pemahaman materi KPK dan FPB melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan bilangan kalender terdiri dari tiga tahap (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran menjelaskan pentingnya mempelajari materi KPK dan FPB dan memberikan motivasi berupa pertanyaan yang menantang (2) tahap inti meliputi meminta siswa berkelompok memberikan bahan manipulatif kalender memberikan dan menjelaskan masalah kontekstual meminta siswa menyelesaikan masalah kontekstual menggunakan bilangan kalender meminta siswa mempresentasikan cara menyelesaikannya menggunakan bilangan kalender dan simbol matematika formal mendiskusikan jawaban bersama-sama dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan memberikan kuis untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti adalah minimal 75% dari jumlah siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60 dan minimal 65% dari jumlah siswa menjawab benar secara konseptual prosedural dan kalkulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada pembelajaran KPK dan FPB melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan bilangan kalender telah meningkat. Kriteria keberhasilan telah tercapai pada siklus II secara lebih rinci persentase pencapaian kriteria keberhasilan penelitian adalah sebagai berikut. Persentase siswa yang sudah mencapai KKM adalah sebesar 83%. Persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep adalah sebesar 73%. Persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan prosedur adalah sebesar 70%. Presentase siswa yang tidak melakukan kesalahan kalkulasi adalah sebesar 70%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbantuan bilangan kalender efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi KPK dan FPB. Peneliti menyarankan beberapa hal kepada guru yang akan menerapkan pembelajaran menggunakan bahan manipulatif yaitu (1) hendaknya mempersiapkan siswa terlebih dahulu dengan simulasi agar siswa lebih siap untuk mengikuti pembelajaran (2) mengetahui dengan jelas siswa yang sering membuat kegaduhan di kelas agar tidak dikumpulkan dengan siswa yang sama (3) hendaknya bersikap lebih tegas terhadap siswa yang gaduh seperti dengan memberikan peringatan maupun sanksi dan (4) hendaknya memotivasi siswa yang pasif agar turut berpartisipasi di dalam kelompoknya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110391 |
Actions (login required)
View Item |