Rotating Trio Exchange (RTE) untuk meningkatkan kemamp[uan komunikasi matematika siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang pada materi kaidah pencacahan / Moh. Syadidul Itqan - Repositori Universitas Negeri Malang

Rotating Trio Exchange (RTE) untuk meningkatkan kemamp[uan komunikasi matematika siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang pada materi kaidah pencacahan / Moh. Syadidul Itqan

Itqan, Moh. Syadidul (2014) Rotating Trio Exchange (RTE) untuk meningkatkan kemamp[uan komunikasi matematika siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang pada materi kaidah pencacahan / Moh. Syadidul Itqan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Itqan Moh. Syadidul. 2013. Rotating Trio Exchange (RTE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Malang Pada Materi Kaidah Pencacahan. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Sri Mulyati M.Pd Pembimbing II Prof. Drs. Purwanto Ph.D Kata-kata kunci Rotating Trio Exchange (RTE) kemampuan komunikasi. 12288 12288 12288 12288 Salah satu dari lima standar proses pembelajaran matematika menurut NCTM adalah standar komunikasi. Siswa selain mampu bernalar dan memecahkan masalah dengan baik siswa juga harus mampu mengkomunikasikan kemampuan tersebut secara nyata dalam bentuk lisan dan tertulis. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 Malang pada tanggal 10 April 2013- 24 April 2013 diperoleh fakta bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa masih rendah hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kesulitan menyajikan ekspresi matematika secara tertulis kesulitan memanipulasi masalah matematika dan hanya sedikit yang mampu memberikan dan menyusun bukti terhadap solusi yang diberikan. Dari hal tersebut peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran Rotating Trio Exchange. Metode pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat membantu kemampuan komunikasi matematika siswa menjadi lebih baik karena Rotating Trio Exchange dapat menciptakan suasana diskusi yang menyenangkan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang pada materi kaidah pencacahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi dan hasil catatan lapangan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil tes komunikasi matematika. Tindakan ini berhasil jika minimal 80% kegiatan pada lembar observasi guru dan siswa yang direncanakan memperoleh skor minimal 2 (terlaksana dan antusias). Sedangkan untuk kemampuan komunikasi siswa tertulis dalam penelitian ini berhasil jika minimal 75% siswa mendapat nilai minimal 75 dengan ini siswa sudah dapat dikatakan mampu menyajikan ekspresi matematika secara tertulis memanipulasi matematika dan menyusun bukti terhadap solusi yang diberikan. 12288 12288 12288 12288 Pada penelitian ini hasil tes komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I (10%) ke siklus II (83 3%). Pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan yaitu untuk aktivitas guru meningkat dari 73 3% menjadi 88 3%. Sedangkan untuk aktivitas siswa meningkat dari 71 6% menjadi 85 6%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) pada materi kaidah pencacahan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas XI IPS SMAN 2 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110389

Actions (login required)

View Item View Item