Penerapan strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII D SMPN 13 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Siti Hapsah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII D SMPN 13 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Siti Hapsah

Hapsah, Siti (2014) Penerapan strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII D SMPN 13 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Siti Hapsah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hapsah Siti. 2014. Penerapan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII D SMPN 13 Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd. (II) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata kunci strategi REACT kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran matematika yang mencakup tindakan-tindakan guru yang digunakan dengan menerapkan strategi REACT yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII D SMPN 13 Malang tahun ajaran 2013/2014 khususnya memecahkan masalah menggunakan teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan yang dilakukan berupa penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT yang meliputi Relating (mengaitkan) Experiencing (mengalami sendiri) Applying (menerapkan) Cooperating (bekerja sama) dan Transferring (mentransfer) yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 13 Malang semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 11 siswa putra dan 19 siswa putri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui tes observasi dan catatan lapangan. Implementasi pembelajaran dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap awal inti dan tahap akhir. Hasil penelitian adalah pada tahap awal dimulai dengan menyampaikan pentingnya mempelajari teorema Pythagoras. Setelah itu guru menggali pengetahuan awal siswa (Relating) dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti mengaitkan luas persegi panjang dan luas segitiga siku-siku dengan materi teorema Pythagoras. Pada tahap inti guru membagi siswa menjadi tujuh kelompok yang beranggotakan 4-5 orang dengan kemampuan dan jenis kelamin yang heterogen. Setelah itu guru membagikan LKS pada tiap kelompok dan siswa bekerjasama (Cooperating) dengan kelompoknya untuk mengerjakan LKS sehingga semua siswa bisa bereksplorasi (experiencing) untuk menemukan sendiri konsep teorema Pythagoras. Kemudian menerapkan (Appliying) konsep yang telah ditemukan untuk meyelesaikan masalah yang diberikan. Akhir dari tahap inti guru meminta perwakilan dari kelompok yang ditunjuk untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi hasil kerja kelompok yang presentasi. Setelah semua siswa mamahami konsep teorema Pythagoras maka pada tahap akhir siswa diberikan soal-soal pemecahan masalah yang kontekstual. Dalam menyelesaikan masalah menggunakan empat langkah penyelesaian masalah menurut Polya. Dengan memberikan soal yang kontekstual maka siswa bisa memahami penerapan teorema Pythagoras (Transferring) dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110388

Actions (login required)

View Item View Item