Murniasih, Tatik Retno (2014) Penggunaan kartu bilangan untuk meningkatkan keterampilan siswa tentang perkalian bilangan bulat melalui metode kooperatif STAD di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang / Tatik Retno Murniasih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Murniasih Tatik Retno 2013 Penggunaan Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Tentang Perkalian Bilangan Bulat melalui Metode Kooperatif STAD di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang. Tesis. Program StudiPendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M Sc (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata kunci Keterampilan Kartu Bilangan Perkalian Bilangan Bulat Perkalian bilangan bulat mempunyai peranan penting dalam bidang matematika dan dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan dalam perkalian bilangan bulat diperlukan agar siswa dapat dengan cepat benar dan tepat dalam menyelesaikan perkalian bilangan bulat. Agar keterampilan mengalikan bilangan bulat dapat ditingkatkan diperlukan pembelajaran yang menggunakan media berupa kartu bilangan untuk membangun keterampilan siswa terhadap perkalian bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan kartu bilangan untuk meningkatkanan keterampilan siswa tentang perkalian bilangan bulat di SMPN 2 Dau Satu Atap Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII sebanyak 16 siswa. Subjek wawancara 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil rata-rata kuis dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) pembelajaran menggunakan kartu bilangan dapat meningkatkan keterampilan siswa tentang perkalian bilangan bulat dengan ciri-ciri tertentu 2) respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan kartu bilangan pada materi perkalian bilangan bulat adalah positif. 12288 12288 12288 12288 Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam dua tindakan. Hasil penelitian menunjukkan persentase nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran tindakan I sebesar 80% dan pada tindakan II sebesar 88%. Hasil penyelesaian LKS kelompok pada tindakan I sebesar 81% dan meningkat menjadi 88% pada tindakan II. Berdasarkan rata-rata kuis dan tes akhir maka a) siswa yang sudah mencapai KKM sebesar 88% pada tindakan I dan meningkat menjadi 94% pada tindakan II b) siswa yang mencapai kategori minimal cukup terampil pada tindakan I sebesar 63% dan meningkat menjadi 81% pada tindakan II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110385 |
Actions (login required)
View Item |