Kamharudin, Muhamad (2014) Penggunaan kemasan minuman melalui joyful learning untuk memahamkan siswa bangun ruang sisi datar di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Sikur Lombok Timur / Muhamad Kamharudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kamharudin Muhamad. 2014. Penggunaan Kemasan Minuman Melalui Joyful Learning Untuk Memahamkan Siswa Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Sikur Kabupaten Lombok Timur. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dra. Santi Irawati M Si Ph.D. Kata kunci Kemasan Minuman Joyful Learning Bangun Ruang Sisi Datar. Pembelajaran matematika yang dilaksanakan selama ini umumnya pembelajaran konvensional dimana siswa tidak bebas mengeluarkan ide-idenya karena pembelajaran didominasi oleh guru dan menyelesaikan masalah secara prosedural. Akibatnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep dan penerapannnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran melalui joyful learning menggunakan kemasan minuman yang dapat memahamkan siswa tentang materi kubus dan balok di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Sikur Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian meliputi (1) pengamatan terhadap proses pembelajaran (2) tes kompetensi siswa untuk aspek pemahaman dan aplikasi dan (3) respon siswa terhadap proses pembelajaran metode joyful learning. Berdasarkan pengamatan selama penelitian ditemukan bahwa siswa merasa senang belajar melalui metode joyful learning. Hal ini ditunjukkan dengan motivasi aktivitas dan sikap antusias siswa dalam menemukan konsep-konsep dan membuat strategi-strategi penyelesaian tentang kubus dan balok menggunakan kemasan minuman. Selanjutnya dari hasil belajar siswa yang diukur melalui tes setiap akhir tindakan telah menunjukkan bahwa siswa telah memahami materi dengan baik. Pada siklus I diperoleh hasil ketuntasan siswa dalam pembelajaran kubus dan balok adalah 84 85%. Sedangkan pada siklus II mencapai 90 91%. Dengan demikian terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa sebesar 6 06%. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan pembelajaran sebagai berikut. (1) menjadikan pembelajaran menyenangkan (joyful learning) sebagai salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan. (2) untuk kelancaran proses pembelajaran sebaiknya dibentuk kelompok kecil yang heterogen dengan anggota 4-5 siswa. (3) membantu siswa dalam belajar menggunakan media atau alat peraga seperti penggunaan kemasan minuman memungkinkan siswa terlibat secara fisik dan mental sehingga dapat menjadikan siswa lebih cepat memahami konsep matematika dengan baik. (4) penyusunan LKS harus secara cermat dan hati-hati. Sebaiknya LKS hanya memuat secara garis besar saja dan tidak terlalu menuntun langkah yang harus dilakukan siswa. (5) bagi para peneliti yang menginginkan penelitian yang serupa hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan penelitian selanjutnya. Sehingga diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran melalui joyful learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110383 |
Actions (login required)
View Item |