Purwati, Sri (2014) Pembelajaran problem posing setting kooperatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIIIA SMPN I Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo pada materi bangun ruang sisi datar / Sri Purwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Purwati Sri. 2014. Pembelajaran problem posing setting kooperatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIIIA SMPN I Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo pada materi bangun ruang sisi datar . Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Dr. Sisworo M.Si Kata Kunci pembelajaran problem posing setting kooperatif bangun ruang sisi datar kemampuan berpikir kreatif Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan peneliti sebagai pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran problem posing setting kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIIIA SMPN I Kecamatan Sukorejo tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIA SMPN I Kecamatan Sukorejo yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) pelaksanaan pembelajaran (2) observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung (3) observasi terhadap kegiatan guru selama pembelajaran problem posing setting kooperatif (4) tes tertulis uji kemampuan berpikir kreatif (5) wawancara dengan 4 siswa yang dipilih berdasarkan hasil uji kemampuan berpikir kreatif satu orang siswa kategori sangat baik satu orang siswa kategori baik satu siswa kategori cukup baik dan satu orang siswa kategori kurang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran problem posing setting kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah (1) guru menyampaikan tujuan (2) guru menyajikan informasi melalui penjelasan atau tanya jawab selanjutnya memberi contoh problem posing (3) guru mengorganisir peserta didik ke dalam tim-tim belajar dengan satu tim beranggotakan 4 siswa yang bersifat heterogen baik kemampuan dan jenis kelamin (4) guru membantu kerja tim yang mengalami kesulitan dalam membuat soal dan menyelesaikannya (problem posing) (5) melakukan evaluasi dengan cara kelompok saling bertukar soal dan menjawab soal dari kelompok lain serta guru melakukan tanya jawab lisan dengan siswa secara acak dan (6) guru memberikan pengakuan atau penghargaan bagi kelompok yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15 9%. Persentase kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I sebesar 59 5% dan pada siklus II sebesar 75 4%. Kategori kemampuan berpikir kreatif siswa naik dari kategori cukup baik menjadi kategori baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |