Mashuri (2014) Pembelajaran materi bangun ruang sisi datar berbasis PAIKEM menggunakan media berbantuan komputer untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Jonggat / Mashuri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mashuri. 2013. Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis PAIKEM Menggunakan Media Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jonggat. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd. (II) Dr. H. Makbul Muksar M. Si. Kata Kunci Peningkatan Prestasi Belajar Media Berbantuan Komputer PAIKEM Bangun Ruang Sisi Datar. 12288 12288 12288 12288 Mata pelajaran matematika dalam bidang geometri khususnya materi bangun ruang sisi datar mempunyai peran sangat penting dalam penguasaan materi mata pelajaran yang selanjutnya. Tetapi kenyataannya penguasaan siswa kelas VIIIB di SMPN 1 Jonggat terhadap mata pelajaran geometri ini masih relatif rendah. Akibatnya prestasi belajar siswa juga rendah. Berdasarkan hal tersebut maka upaya yang dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran adalah dengan menerapkan Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis PAIKEM Menggunakan Media Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jonggat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis PAIKEM Menggunakan Media Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jonggat. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis PAIKEM Menggunakan Media Berbantuan Komputer adalah pembelajaran yang menggunakan komputer (macromedia flash) sebagai titik awal untuk pengembangan ide dan konsep matematika. Pembelajaran ini mempunyai tiga karakteristik yaitu (1) menggunakan komputer (2) pembelajaran aktif inovatif kreatif efisien dan menyenangkan dan (3) menyimpulkan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar dapat meningkat melalui pembelajaran Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis PAIKEM Menggunakan Media Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal yang mendapatkan skor minimal 66 adalah 57 14% pada siklus 1 dan 85 71% pada siklus 2 persentase hasil observasi aktivitas siswa 80% pada siklus 1 dan 87 7% pada siklus 2 persentase hasil observasi aktivitas guru 80 9% pada siklus 1 dan 84% pada siklus 2 persentase hasil angket 81% pada siklus 1 dan 83 6% pada siklus 2 dan hasil wawancara yang dilakukan pada 3 (tiga) obyek juga 3 yang menyatakan senang belajar matematika materi bangun ruang sisi datar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah agar guru menggunakan Media Berbantuan Komputer Berbasis PAIKEM sebagai salah satu alternatif pembelajaran dikelas serta dapat menerapkan pembelajaran ini pada materi yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |