Memahamkan siswa tentang materi luas bangun datar dengan pendekatan open ended menggunakan model potongan keramik di kelas VII B SMPN 2 Wagir Kabupaten Malang / Nanang Hari Setiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Memahamkan siswa tentang materi luas bangun datar dengan pendekatan open ended menggunakan model potongan keramik di kelas VII B SMPN 2 Wagir Kabupaten Malang / Nanang Hari Setiyono

Setiyono, Nanang Hari (2014) Memahamkan siswa tentang materi luas bangun datar dengan pendekatan open ended menggunakan model potongan keramik di kelas VII B SMPN 2 Wagir Kabupaten Malang / Nanang Hari Setiyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiyono Nanang Hari. 2013. Memahamkan Siswa Tentang Luas Bangun Datar Dengan Pendekatan Open-ended Menggunakan Model Potongan Keramik di Kelas VII B SMPN II Wagir Kabupaten Malang . Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. dan (2) Dr. rer.nat I Made Sulandra M.Si. Kata kunci luas bangun datar model potongan keramik pendekatan open-ended Pemahaman materi bangun datar khususnya luas bangun datar banyak bermanfaat untuk membantu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan juga untuk mempelajari luas permukaan dan volum bangun ruang sisi datar yang dipelajari siswa di kelas VIII. Tetapi pembelajaran bangun datar di SMPN 2 Wagir kabupaten Malang masih belum optimal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan mendeskripsikan pembelajaran yang dapat memahamkan siswa tentang luas daerah bangun datar dengan pendekatan open ended menggunakan model potongan keramik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Wagir Kabupaten Malang semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diambil dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran dengan pendekatan open-ended berlangsung. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah (1) hasil observasi kegiatan pembelajaran (2) hasil tes dengan tipe soal open-ended (3) hasil angket respon siswa (4) hasil wawancara terhadap subjek wawancara dan (5) hasil catatan lapangan. Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dapat memahamkan siswa tentang materi luas bangun datar adalah (1) guru memberi masalah open-ended (2) siswa menyelesaikan masalah open ended secara individu (3) siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas hasil kerja individu setiap anggota kelompok lalu dipilih salah satu hasil kerja individu yang termudah disertai pemberian alasan (Reasoning) dan (4) siswa melakukan diskusi kelas dengan cara perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Peneliti (guru) memberi waktu yang cukup kepada siswa untuk mengerjakan masalah baik secara individu maupun kelompok sehingga siswa lebih leluasa dalam menyelesaikan masalah. Peneliti melibatkan siswa secara aktif dalam membuat kesimpulan pada saat diskusi kelas sehingga dapat terlihat pemahaman siswa dengan jelas. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya beberapa informasi berikut (1) pekerjaan siswa pada tes awal dan tes akhir tindakan menunjukkan bahwa kesalahan konsep maupun kesalahan prosedur mula-mula banyak dijumpai pada siklus I dan sudah berkurang pada siklus II dan siswa semakin paham materi luas bangun datar (2) hasil observasi menunjukkan bahwa aktifitas pembelajaran berlangsung dengan kriteria baik pada siklus I dan meningkat menjadi sangat baik pada siklus II. (3) respon siswa terhadap pembelajaran materi luas daerah bangun datar dengan pendekatan open ended menggunakan model potongan keramik meningkat dari 88 85% pada siklus I menjadi 89 17% pada siklus II (4) keenam siswa subyek wawancara yang terdiri dari masing-masing dua siswa dari kelompok bawah tengah dan atas menyatakan senang setelah mengikuti pembelajaran materi luas daerah bangun datar dengan pendekatan open ended menggunakan model potongan keramik. Setelah melakukan refleksi peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran untuk memahamkan materi luas bangun datar menggunakan model potongan keramik dengan pendekatan open ended ini valid. Peneliti menyarankan beberapa hal kepada guru matematika yaitu (1) untuk menggunakan pendekatan open ended dan model potongan keramik dalam kegiatan pembelajaran materi luas bangun datar (2) mengontrol penggunaan waktu selama pembelajaran berlangsung dan (3) memberikan rangsangan kepada siswa agar mampu memberikan pertanyaan atau tanggapan terhadap pendapat siswa lain pada saat diskusi kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110379

Actions (login required)

View Item View Item