Pembelajaran melalui tahap problem solving Polya untuk memahamkan materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Lamongan / Moch. Nuruddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran melalui tahap problem solving Polya untuk memahamkan materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Lamongan / Moch. Nuruddin

Nuruddin, Moch. (2014) Pembelajaran melalui tahap problem solving Polya untuk memahamkan materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Lamongan / Moch. Nuruddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nuruddin Moch. 2013. Pembelajaran Melalui Tahap Problem Solving Polya Untuk Memahamkan Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Lamongan. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata kunci Pembelajaran Tahap Pemecahan Masalah Polya Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih cenderung bersifat konvensional proses pembelajaran yang demikian menyebabkan siswa menjadi pasif. Untuk itu perlu dirancang suatu pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah menerapkan pembelajaran melalui tahap pemecahan masalah Polya untuk memahamkan siswa yang berdampak pada prestasi hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran melalui tahap pemecahan masalah Polya memberikan masalah-masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan dapat dibayangkan oleh siswa sehingga siswa dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Pembelajarannya dilakukan melalui empat langkah yaitu langkah pertama memahami masalah langkah kedua merencanakan masalah langkah ketiga menyelesaikan masalah dan langkah keempat mengecek kembali. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mendiskripsikan bagaimanakah pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel melalui tahap pemecahan masalah Polya untuk memahamkan siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Lamongan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon angket siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 8 51% dilihat dari pencapaian 78 43 % kriteria baik pada siklus I menjadi 86 94 % kriteria sangat baik. Hasil lain dari penelitian ini adalah peningkatan prestasi hasil belajar siswa pada akhir siklus. Persentase ketuntasan klasikal meningkat sebesar 14 % dari 76 % pada siklus I menjadi 90 % pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran melalui tahap pemecahan masalah Polya selain dapat memahamkan siswa ternyata juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Lamongan. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan lebih bermakna sehingga pemahaman siswa terhadap konsep yang diberikan guru akan bertahan lama. 12288 12288 12288 12288 Dalam pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel peneliti menyarankan kepada para guru untuk menggunakan (1) Pembelajaran melalui tahap pemecahan masalah Polya (2) LKS yang memberi kesempatan bagi siswa mengkonstruksi sendiri konsep-konsep matematika yang sedang dipelajarinya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110378

Actions (login required)

View Item View Item