Penerapan langkah Polya dalam menyelesaikan soal melalui pembelajaran berseting STAD untuk meningkatkan pemahaman materi analisis vektor mahasiswa STKIP PGRI Blitar / Sitta Khoirin Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan langkah Polya dalam menyelesaikan soal melalui pembelajaran berseting STAD untuk meningkatkan pemahaman materi analisis vektor mahasiswa STKIP PGRI Blitar / Sitta Khoirin Nisa

Nisa, Sitta Khoirin (2014) Penerapan langkah Polya dalam menyelesaikan soal melalui pembelajaran berseting STAD untuk meningkatkan pemahaman materi analisis vektor mahasiswa STKIP PGRI Blitar / Sitta Khoirin Nisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nisa Sitta Khoirin.2013. Penerapan Langkah-Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Melalui Pembelajaran Berseting STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Analisis Vektor Mahasiswa STKIP PGRI Blitar.Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd MA (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D Kata Kunci Langkah-langkahPolya STAD pemahamanmateriAnalisisVektor Pembelajaran pada materi Analisis Vektor yang ada di STKIP PGRI Blitar selama ini adalah pemberian contoh kemudian mahasiswa mengerjakan soal sesuai dengan contoh yang diberikan. Hal ini menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memahami materi karena mereka sekedar mengerjakan sesuai dengan contoh tanpa tahu maksudnya. Pekerjaan mahasiswa lebih berorientasi pada hasil bukan bagaimana cara memperoleh hasil tersebut atau proses mendapatkan hasil tersebut. Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa tingkat II Offering C di STKIP PGRI Blitar tahun akademik 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah Polya dalam menyelesaikan soal melalui pembelajaran berseting STAD yang dapat meningkatkan pemahaman materi Analisis Vektor mahasiswa STKIP PGRI Blitar. Hasil penelitian ini adalah desain pembelajaran dengan penerapan langkah-langkah Polya dalam menyelesaikan soal melalui pembelajaran berseting STAD. Pembelajaran terdiri dari tiga tahap yaitu tahap awal tahap inti dan tahap akhir.Tahap awal dilaksanakan dengan penyampaian tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari. Selanjutnya menyampaikan informasi tentang nama anggota kelompok.Tahap inti dilaksanakan dengan pembelajaran berseting STAD yang terdiri dari (1) presentasi kelas (2) tim belajar (3) kuis (4) rekognisi tim. Penerapan langkah-langkah Polya dilaksanakan pada tahap tim belajar dengan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKM. Langkah-langkah Polya melalui empat tahapan yaitu memahami masalah merencanakan penyelesaian melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Peneliti memberikan bantuan dengan beberapa pertanyaan yang sesuai tahapan pemecahan masalah model Polya. Peneliti meminta mahasiswa mengerjakan LKM secara kelompok sehingga tercipta interaksi antara peneliti dan mahasiswa. Setiap jawaban yang diperoleh harus diklarifikasi dalam anggota kelompok untuk memperoleh kesepakatan jawaban dan tiap kelompok bertanggungjawa bmemberikan pemahaman kepada setiap anggotanya. Tahap akhir dilaksanakan dengan mengarahkan mahasiswa untuk membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari dan menanyakan respon mahasiswa terhadap pembelajaran serta kesulitan yang dialaminya. Berdasarkan pada hasil observasi hasil kuis dan hasil tes mahasiswa hasil pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan termasuk dalam kategori baik. Penguasaan mahasiswa tentang konsep vektor yang meliputi operasi yang berlaku pada vektor serta aplikasi vektor dalam kategori baik. Dari hasil tes skor rata-rata (dalam persen) dari keseluruhan mahasiswa yang memperoleh skor minimal pada siklus I dan siklus II berturut-turuta dalah70 93% dan 86 67%. Dengan peningkatan skor tes siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa tentang Analisis Vektor meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110374

Actions (login required)

View Item View Item