Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita pada materi keliling dan luas segiempat di SMP Negeri 2 Modo Lamongan / Edi Prayitno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita pada materi keliling dan luas segiempat di SMP Negeri 2 Modo Lamongan / Edi Prayitno

Prayitno, Edi (2014) Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita pada materi keliling dan luas segiempat di SMP Negeri 2 Modo Lamongan / Edi Prayitno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prayitno Edi. 2014. Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Pada Materi Keliling dan Luas Segiempat di SMP Negeri 2 Modo Lamongan. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Purwanto Ph.D (II) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata kunci Pembelajaran Matematika Realistik Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Keliling dan Luas Segiempat 12288 12288 12288 12288 Pada hakekatnya matematika bersifat abstrak . Keabstrakan yang terdapat dalam matematika itu perlu diupayakan dalam wujud lebih konkret dan dapat membantu siswa sehingga mereka lebih mudah memahaminya. Untuk itu perlu dirancang suatu pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih melatih kemampuan berfikir bernalar dan menggali segenap potensi yang ada pada dirinya sehingga siswa mampu menempatkan dirinya sebagai subjek aktif dalam pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya kemampuan siswa. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran matematika realistik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan langkah-langkah pembelajaran matematika realistik yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita pada materi keliling dan luas segiempat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan desain mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan observasi/evaluasi dan refleksi. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Modo Lamongan yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari a) hasil tes b) hasil observasi aktivitas siswa dan peneliti dan c) hasil wawancara. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita. Adapun langkah-langkah tersebut adalah 1) memahami masalah kontekstual siswa diberikan soal-soal kontekstual yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari yang ada disekitar siswa yang dapat mengarahkan siswa untuk memahami materi keliling dan luas segiempat 2) menjelaskan dan menyelesaikan masalah kontekstual siswa secara individu menyelesaikan soal-soal kontekstual tersebut sesuai dengan pola fikir dan pemahaman masing-masing 3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban siswa berdiskusi dengan teman dalam satu kelompok untuk mencari kesepakatan jawaban yang dianggap paling tepat dalam menyelesaikan soal-soal kontekstual 4) diskusi kelas memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan 5) menyimpulkan membuat kesimpulan hasil diskusi dan melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hal ini didukung dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa persentase ketuntasan secara klasikal adalah 87 5% dengan nilai rata-rata 77 pada siklus I menjadi 100% dengan nilai rata-rata 81 pada siklus II. Persentase hasil rata-rata observasi aktivitas belajar siswa adalah 79 17% pada siklus I menjadi 91 67% pada siklus II persentase hasil observasi aktivitas peneliti adalah 80% pada siklus I menjadi 90 83% pada siklus II. Hasil wawancara yang dilakukan pada 4 siswa sebagai obyek wawancara menunjukkan siswa mampu menyelesaikan masalah soal cerita pada materi keliling dan luas segiempat. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah agar guru menggunakan pembelajaran matematika realistik sebagai salah satu alternatif pembelajaran dikelas serta dapat menerapkan pembelajaran ini pada materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110372

Actions (login required)

View Item View Item