Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika melalui pembelajaran model treffinger pada materi garis dan sudut bagi siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Sorta Corie Ivana Panjaitan - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika melalui pembelajaran model treffinger pada materi garis dan sudut bagi siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Sorta Corie Ivana Panjaitan

Panjaitan, Sorta Corie Ivana (2014) Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika melalui pembelajaran model treffinger pada materi garis dan sudut bagi siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Sorta Corie Ivana Panjaitan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Panjaitan Sorta Corie Ivana. 2014 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika melalui Pembelajaran Model Treffinger pada Materi Garis dan Sudut bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M. Sc. (II) Dr. rer nat I Made Sulandra M. Si Kata kunci berpikir kreatif matematika model Treffinger garis dan sudut. 12288 12288 12288 Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII-G SMPN 19 Malang masih rendah karena hasil pengamatan menunjukkan rendahnya rasa ingin tahu keterbukaan dan kepercayaan diri siswa dan hasil tes awal yang menunjukkan 8 siswa berada pada tingkat tidak kreatif 24 siswa kurang kreatif 8 siswa cukup kreatif dan hanya 2 siswa yang kreatif. Oleh karena itu penelitian ini mengimplementasikan model Treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika pada materi garis dan sudut bagi siswa kelas VII SMPN 19 Malang. Secara ekplisit tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran model Treffinger yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika dan (2) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMPN 19 Malang. 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan dilaksanakan pada semester genap tahun 2012/2013 kelas VII-G SMPN. 19 Malang. Data penelitian ini adalah hasil observasi aktifitas dan sikap siswa selama pembelajaran berlangsung dan hasil tes siswa setelah pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan lembar tes. Analisa hasil tes menggunakan TTCT (The Torrance Test of Creative Thinking). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-G SMPN 19 Malang. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran model Treffinger yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika adalah sebagai berikut. Model Treffinger tingkat I yaitu (1) memberikan pemanasan melalui pertanyaan yang menarik dan menantang tentang materi garis dan sudut (2) melatih siswa berpikir divergen melalui pemberian LKS yang berisi masalah terbuka (3) meminta siswa menuliskan semua ide atau gagasannya dalam menyelesaikan masalah terbuka (4) meminta siswa mendiskusikan ide atau gagasan dalam menyelesaikan masalah terbuka bersama kelompoknya dan menentukan beberapa alternatif penyelesaiannya melalui kegiatan sumbang saran dan (5) meminta salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Model Treffinger tingkat II yaitu (1) Memberikan warming up (pemanasan) dan penggunaan ide kreatif melalui pembentukan gambar yang berkaitan dengan garis dan sudut pada lembar geoboard dan (2) Bermain peran dalam menyelesaikan masalah (sosio drama). Masalah yang diberikan kepada siswa adalah masalah sehari-hari yang terkait dengan materi garis dan sudut. Model Treffinger tingkat III yaitu (1) meminta siswa untuk mengajukan masalah yang berkaitan dengan garis dan sudut secara berkelompok melalui kegiatan problem posing (2) memberikan permainan creative problem solving berupa lomba menyelesaikan masalah yang sudah dibuat masing-masing kelompok pada kegiatan problem posing dan sudah diacak dan (3) memberikan reward kepada siswa yang mengalami peningkatan kemampuan berpikir kreatif. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku kreatif siswa dari aspek kognitif dan aspek afektif pembelajaran model Treffinger tingkat I sampai tingkat III menjadi minimal pada kriteria baik dan peningkatan tingkat kreatifitas siswa sebesar 42 8% dari tingkat kreatif lebih rendah ke tingkat kreatif lebih tinggi .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110371

Actions (login required)

View Item View Item