Pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing untuk memahamkan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Lamongan pada materi lingkaran / Musriniyatik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing untuk memahamkan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Lamongan pada materi lingkaran / Musriniyatik

Musriniyatik (2014) Pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing untuk memahamkan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Lamongan pada materi lingkaran / Musriniyatik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Musriniyatik 2014. Pembelajaran melalui Metode Penemuan Terbimbing untuk Memahamkan Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamongan pada materi lingkaran. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed P.hD dan (II) Dr. Hery Susanto M. Si. Kata Kunci Pembelajaran Penemuan Terbimbing Memahamkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas karena tujuan penelitian ini tidak hanya memperoleh pengetahuan tapi sekaligus untuk memperbaiki atau meningkatkan situasi yang ada. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Lamongan. Sebelum pelaksanaan siklus I dilakukan peneliti mengadakan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebagai dasar pembentukkan kelompok dan subyek wawancara. Wawancara dipilih 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Siswa dikelompokkan menjadi 5 kelompok dengan 6 anggota yang memiliki kemampuan berbeda yaitu siswa berkemampuan tinggi berkemampuan sedang dan berkemampuan rendah. Pelaksanaan pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing yang dapat memahamkan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Lamongan pada materi lingkaran terbagi menjadi 3 kegiatan. (1) kegiatan awal meliputi mengelompokkan siswa menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan materi prasarat (2) kegiatan inti meliputi pemberian masalah yang dituangkan dalam LKS melakukan diskusi kelompok presentase hasil diskusi kelompok (3) kegiatan penutup meliputi peneliti dan siswa menyimpulkan hasil diskusi. Penelitian ini didasarkan pada 3 kriteria (1) skor tes akhir siklus minimal 85% siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 80 (2) Persentase rata-rata hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru lebih dari 80% (dalam kategori baik). (3) Dari hasil wawancara setelah siklus II terhadap 3 subyek wawancara menyatakan senang terhadap materi lingkaran setelah mengikuti pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing. Berdasarkan kriteria diatas peneliti dapat menemukan bahwa tes akhir siklus I diperoleh persentase siswa yang tuntas belajar adalah 76 7% dan pada tes akhir siklus II diperoleh persentase siswa yang tuntas belajar adalah 90%. Jadi tes akhir siklus mengalami peningkatan 13 3%. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas guru adalah 88% (dalam kategori baik) dan pada siklus II adalah 91 15% (dalam kategori sangat baik) jadi aktivitas guru telah meningkat 3 15%. Sedangkan pada siklus I hasil persentase rata-rata aktivitas siswa adalah 84 1% (dalam kategori baik) dan pada siklus II adalah 90 34% (dalam kategori sangat baik) jadi aktivitas siswa telah meningkat 6 24% Dari semua kriteria pemahaman yang peneliti tetapkan telah tercapai. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing dapat memahamkan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 lamongan pada materi lingkaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110369

Actions (login required)

View Item View Item