Deskripsi proses berpikir siswa SMP dalam meneyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian / Abd. Kudratullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Deskripsi proses berpikir siswa SMP dalam meneyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian / Abd. Kudratullah

Kudratullah, Abd. (2014) Deskripsi proses berpikir siswa SMP dalam meneyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian / Abd. Kudratullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kudratullah Abd. 2013. Deskripsi Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. (II) Dr. I Nengah Parta M.Si. 12288 12288 12288 12288 Kata Kunci proses berpikir pemecahan masalah matematika tipe kepribadian 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta dilapangan bahwa seringkali guru merasa kesal terhadap siswa yang susah diatur siswa yang banyak bertanya siswa yang bersikap dingin siswa yang tidak pernah bertanya ataupun siswa yang bersikap keras hati dan sebagainya. Kekesalan guru tersebut pada dasarnya disebabkan oleh ketidaktahuan guru terhadap tipe kepribadian para siswa sehingga guru merasa kesal dengan sikap siswa yang tidak sesuai dengan keinginan guru kemudian memarahi tanpa memahami dan tanpa memberikan solusi yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan siswa (Suhadianto 2009). Penggunaan model pemecahan masalah dari Polya dikarenakan beberapa penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan model yang lain dalam memecahkan masalah matematika. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan masalah matematika dan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan masalah matematika. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berupaya untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari tipe kepribadian siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Laboratorium Universtias Negeri Malang. Subjek penelitian berjumlah 4 siswa yang terdiri atas 2 siswa bertipe kepribadian cenderung introvert dan 2 siswa bertipe kepribadian cenderung ekstrovert. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Tes penggolongan tipe kepribadian (2) tes kemampuan menyelesaikan masalah matematika dan (3) wawancara. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah (1) Subjek penelitian yang memiliki tipe kepribadian yang cenderung ekstrovert mempunyai proses berpikir yang bersifat unik. Subjek Penelitian dengan tipe kepribadian yang cenderung ekstrovert kurang dapat menyelesaikan masalah matematika dengan baik sehingga subjek penelitian cenderung membutuhkan orang lain untuk mempengaruhi cara berpikirnya dalam menyelesaikan masalah matematika yang dihadapinya (2) Subjek penelitian dengan tipe kepribadian yang cenderung introvert mempunyai proses berpikir yang unik. Subjek penelitian terlihat gugup (tegang) jika dipengaruhi oleh orang lain dan cenderung tidak membutuhkan orang lain dalam menyelesaikan masalahnya sehingga subjek penelitian dengan tipe kepribadian yang cenderung introvert dapat menyelesaikan masalah matematika yang dihadapinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110367

Actions (login required)

View Item View Item