Pengembangan modul matematika materi segitiga dan segiempat bercirikan penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VII / Fatimatuz Zahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul matematika materi segitiga dan segiempat bercirikan penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VII / Fatimatuz Zahroh

Zahroh, Fatimatuz (2014) Pengembangan modul matematika materi segitiga dan segiempat bercirikan penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VII / Fatimatuz Zahroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zahroh Fatimatuz. 2013. Pengembangan Modul Matematika Materi Segitiga dan Segiempat Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMP Kelas VII. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata Kunci modul penemuan terbimbing segitiga dan segiempat 12288 12288 12288 12288 12288 Setiap siswa dalam suatu kelas memiliki kemampuan yang beraneka ragam salah satunya adalah kecepatan belajar. Siswa dapat berkembang maksimal sesuai dengan kecepatan belajarnya masing-masing. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk mempelajari suatu konsep sesuai dengan kecepatan belajar siswa. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah modul. Materi yang dipilih dalam pengembangan modul ini adalah segitiga dan segiempat. Modul ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi tentang segitiga dan segiempat. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan modul ini bercirikan penemuan terbimbing. Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam modul ini disesuaikan dengan tahapan pada metode penemuan terbimbing yaitu (1) fase pendahuluan yaitu siswa mencari dan menemukan gambar-gambar atau benda-benda kongkrit berbentuk segitiga dan segiempat yang ada di lingkungan sekitar mereka (2) fase terbuka yaitu siswa mengenali karakteristik atau pola-pola di dalam contoh-contoh segitiga dan segiempat yang diberikan serta membandingkan contoh-contoh dan non contoh tersebut (3) fase konvergen yaitu siswa dapat mengidentifikasi karakteristik utama atau hubungan dari contoh-contoh yang diberikan. Siswa membangun secara aktual pengetahuan mereka tentang konsep atau generalisasi dari segitiga dan segiempat dan (4) fase penutup dan penerapan yaitu siswa membuat kesimpulan berdasarkan karakteristik utama yang diperoleh pada tahap sebelumnya dan menerapkan pemahaman mereka ke dalam konteks baru. 12288 12288 12288 12288 12288 Pengembangan modul menggunakan langkah-langkah model pengembangan Plomp yaitu penelitian awal (preliminary reasearch) fase prototype (prototyping phase) dan fase penilaian (assessment phase). Modul yang telah dihasilkan pada fase prototype selanjutnya divalidasi oleh tiga validator. Hasilnya modul dinyatakan valid dengan skor rata-rata hasil validasi 4 1 dari skor maksimal teoritis 5. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh tingkat penguasaan rata-rata seluruh siswa adalah 87 dari skor maksimal teoritis 100 serta 97% siswa memberikan respon positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110363

Actions (login required)

View Item View Item