Hamdani, Deni (2014) Proses koneksi matematika siswa SMK PGRI 7 Malang dalam menyelesaikan masalah berdasarkan pemahaman Skemp / Deni Hamdani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hamdani Deni. 2013. Proses Koneksi Matematika Siswa SMK PGRI 7 Malang dalam Menyelesaikan Masalah berdasarkan Pemahaman Skemp. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D. Kata kunci Koneksi Matematika Menyelesaikan Masalah Pemahaman Skemp 12288 12288 12288 12288 Richard R. Skemp (1976) mengklasifikasikan pemahaman menjadi dua macam oleh yakni pemahaman relasional dan pemahaman intrumental. Pemahaman relasional merujuk kepada kemampuan seseorang menggunakan suatu prosedur matematis yang berasal dari hasil menghubungkan berbagai konsep matematis atau dengan kata lain siswa yang dikatakan mempunyai pemahaman relasional bilamana siswa tersebut memiliki fondasi atau dasar yang lebih kokoh karenanya ia dapat meyakinkan orang lain dan dirinya sendiri bahwa hasil jawabannya adalah benar sedangkan pemahaman instrumental merujuk kepada kemampuan seseorang dalam menggunakan suatu prosedur matematis untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa mengetahui mengapa prosedur itu boleh digunakan atau tidak untuk menyelesaikan suatu masalah atau dengan kata lain siswa yang mempunyai pemahaman instrumental hanya sekedar menghafal rumus saja. Sehingga dari dua jenis pemahaman di atas akan dikaji proses koneksi matematika yang terjadi berdasarkan pemahaman skemp dengan cara memberikan lembar tugas individu (LTI) dan wawancara sesuai dengan tahapan Polya yakni (1) memahami masalah (2) menyusun strategi (3) melaksanakan strategi yang dipilih (4) melihat kembali hasil pekerjaan yang dilakukan. Proses koneksi yang dikaji dalam penelitian ini adalah koneksi antar materi matematika dan koneksi di dalam materi matematika. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK PGRI 7 Malang yang sudah menempuh materi yang dijadikan sebagai intrumen LTI. Pengambilan data dilakukan dengan metode think-out-loud (TOL) atau sering disebut think aloud. Dalam metode (TOL) siswa diminta untuk mengungkapkan dengan keras apa yang sedang dipikirkan. Data yang diperoleh kemudian dikodekan dan dijadikan dasar untuk menggambarkan proses koneksi matematika ketika menyelesaikan LTI berdasarkan pemahaman skemp. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada LTI nomor 1 semua subjek berkategori pemahaman relasional dan pada LTI nomor 2 S1 dan S2 sama-sama memiliki pemahaman relasional sedangkan S3 sendiri memiliki pemahaman instrumental. Ini disebabkan oleh ide penyelesaian masing-masing subjek berbeda sehingga memungkinkan subjek dalam mengkontruksi hubungan antar ide juga berbeda. Selanjutnya bentuk proses koneksi matematika masing-masing subjek yang mempunyai pemahaman relasional dapat mengkontruksi hubungan antar konsep matematika baik antar materi matematika dan di dalam materi matematika sedangkan proses koneksi matematika pada subjek yang memiliki pemahaman instrumental hanya dapat terjadi setelah diberikan stimulus ide penyelesaian. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini masih memiliki keterbatasan terutama dalam masalah dan konteksnya karena itu perlu adanya penelitian yang memfokuskan pada (1) bagaimana proses koneksi matematika dalam menyelesaikan masalah lain berdasarkan pemahaman skemp (2) bagaimana proses koneksi matapelajaran matematika dengan matapelajaran lain berdasarkan pemahaman skemp (3) pendekatan pembelajaran yang memungkin siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide penyelesaian dengan temannya dan menumbuhkan kemampuan (a) mengerti konsep (b) mencatat kesamaan perbedaan dan analogi (c) mengidentifikasi elemen terpenting dan memilih algoritma yang benar (d) mengetahui hal yang tidak berkaitan (e) menaksir dan menganalisis (f) mengganti metode yang telah diketahui.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |