Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalh pada materi barisan dan deret / Siti Faridah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalh pada materi barisan dan deret / Siti Faridah

Faridah, Siti (2014) Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalh pada materi barisan dan deret / Siti Faridah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faridah Siti. 2013. Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci proses berpikir pemecahan masalah abstraksi asimilasi akomodasi barisan dan deret Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berfikir siswa dalam pemecahan masalah pada materi barisan dan deret. Kajian tentang terjadinya proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah pada materi barisan dan deret didasarkan pada proses berpikir berdasarkan asimilasi dan akomodasi dari Piaget. Ketika seseorang menghadapi masalah maka akan terjadi proses adaptasi yang melibatkan proses asimilasi dan akomodasi. Menurut Piaget asimilasi merupakan proses pengintegrasian stimulus baru ke dalam skema yang sudah terbentuk. Akomodasi merupakan proses pengintegrasian stimulus baru melalui pembentukan skema baru untuk menyesuaikan dengan stimulus yang diterima. Apabila yang terjadi adalah pembentukan skema yang betul-betul baru maka yang terjadi adalah proses berpikir abstraksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII SMKN 2 Malang yang sudah mendapatkan materi barisan dan deret. Pengambilan data dilakukan dengan metode Think-Out-Loud (TOL) atau sering disebut Think Aloud. Dalam metode TOL siswa diminta untuk mengungkapkan secara keras apa yang sedang dipikirkan. Penelitian ini mengungkapkan proses berfikir siswa dalam pemecahan masalah yang ditawarkan oleh Polya sebagai berikut (1) memahami masalah mengidentifikasi kalimat yang berupa pernyataan dan pertanyaan kalimat pernyataan dikelompokkan sebagai yang diketahui dan kalimat pertanyaan dikelompokkan menjadi apa yang ditanyakan dan menuliskan yang diketahui dan yang ditanyakan dengan pengandaian variabel (2) merencanakan penyelesaian pengandaian dengan menggunakan variabel simbol persamaan dan model matematika (3) melaksanakan rencana penyelesaian masalah menyelesaikan persamaan dengan menggunakan sifat-sifat aljabar (penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian) dan substitusi dan (4) mengecek kembali hasil penyelesaian mengecek kesesuaian antara hasil penyelesaian dan apa yang diketahui.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110360

Actions (login required)

View Item View Item