Pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual berbantuan cabri 3D untuk memahami siswa pada materi luas permukaan dan volume tabung dan kerucut kelas IX-C SMP Negeri Rangkasbitung / Benny Hendriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual berbantuan cabri 3D untuk memahami siswa pada materi luas permukaan dan volume tabung dan kerucut kelas IX-C SMP Negeri Rangkasbitung / Benny Hendriana

Hendriana, Benny (2014) Pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual berbantuan cabri 3D untuk memahami siswa pada materi luas permukaan dan volume tabung dan kerucut kelas IX-C SMP Negeri Rangkasbitung / Benny Hendriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hendriana Benny. 2013. Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Kontekstual Berbantuan Program Cabri 3D untuk Memahamkan Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Tabung dan Kerucut Kelas IX-C SMP Negeri 4 Rangkasbitung. Tesis. Program Studi Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (II) Drs. Muchtar Abdul Karim M.A. Kata Kunci Pendekatan kontekstual program Cabri 3D memahamkan luas permukaan volume tabung dan kerucut. 12288 12288 12288 12288 Proses pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk memahamkan konsep luas permukaan dan volume dari tabung dan kerucut melalui pendekatan kontekstual yang melibatkan tujuh komponen utama yaitu (1) konstruktivisme (constructivism) (2) pengajuan pertanyaan (questioning) (3) penemuan (inquiry) (4) masyarakat belajar (learning community) (5) pemodelan (modelling) (6) refleksi (reflektion) dan (7) asesmen otentik (authentic assessment). 12288 12288 12288 12288 Untuk membantu memahamkan konsep dari tabung dan kerucut maka digunakan program Cabri 3D. Program Cabri 3D memiliki keunggulan dalam memvisualisasikan konsep luas permukaan dan volume dari tabung dan kerucut yang masih abstrak di pikiran siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan (observasi) dan refleksi. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Yang dilakukan pada kegiatan awal yaitu pembentukan kelompok yang terdiri dari 4 orang siswa dengan kemampuan yang berbeda penyampaian tujuan pembelajaran dan pemberian stimulus melalui slides gambar yang ada di kehidupan sehari-hari berkaitan dengan materi tabung dan kerucut. Pada kegiatan inti proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan LKS. Pada LKS terdapat permasalahan-permasalahan yang harus di selesaikan siswa secara berkelompok dengan menggunakan bantuan program Cabri 3D. Setelah itu salah satu kelompok mempresentasikan jawabannya dan kelompok lain memberi tanggapan. Dan pada kegiatan akhir yaitu mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman kegiatan pembelajaran yang telah dilalui. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbantuan program Cabri 3D dapat memahamkan konsep luas permukaan dan volume dari tabung dan kerucut pada siswa kelas IX-C SMP Negeri 4 Rangkasbitung. Selain itu respon siswa terhadap proses pembelajaran pun sangat positif. Siswa terlihat aktif selama proses pembelajaran menggunakan LKS dan bantuan program Cabri 3D. Dengan menggunakan skor maksimum teoretis 100 pada akhir siklus II persentase siswa dengan skor hasil belajar lebih dari atau sama dengan 70 yaitu 86 11% dari 36 siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110359

Actions (login required)

View Item View Item