Penerapan pembelajaran problem creating untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPA.7 SMAN 1 Kota Bima / Abdul Muis - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem creating untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPA.7 SMAN 1 Kota Bima / Abdul Muis

Muis, Abdul (2014) Penerapan pembelajaran problem creating untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPA.7 SMAN 1 Kota Bima / Abdul Muis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muis Abdul. 2013. Penerapan Pembelajaran Problem Creating untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas XI IPA.7 SMAN 1 Kota Bima. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Subanji M.Si dan (II) Dr. rer. nat I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Kreativitas diferensial problem creating. Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika menandakan adanya aktivitas matematis. Untuk memecahkan masalah matematis diperlukan perilaku dan pemikiran kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan problem creating yang dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPA.7 SMAN 1 Kota Bima. Barlow (2010) menyatakan bahwa langkah-langkah pembelajaran problem creating dalam pembelajaran adalah sebagai berikut (1) identy the mathematical goal (s) (2) decide on a problem context (3) create the problem (4) anticipate students solution dan (5) implement and reflect. Kreativitas siswa yang diukur dalam pembelajaran dengan problem creating meliputi aspek (a) kelancaran (fluency) yaitu kemampuan siswa untuk menghasilkan banyak gagasan (b) fleksibel (flexibility) yaitu kemampuan siswa menggunakan bermacam-macam pendekatan dalam menyelesaikan masalah dan (c) orisinil (novelty) yaitu keaslian gagasan siswa dalam memberikan jawaban yang benar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui penilaian tes akhir tindakan I (siklus I) dan tes akhir tindakan II. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi keterlaksanaan pembelajaran angket respon siswa dan catatan lapangan. Triangulasi sumber data ketekunan pengamatan dan pengecekan teman sejawat diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal penerapan pembelajaran dengan problem creating mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPA.7 SMAN 1 Kota Bima pada materi diferensial terhadap semua aspek kreativitas yang diukur. Pembelajaran dengan problem creating memungkinkan siswa kreatif mengkonstruksi dan mengembangkankan ide dalam menyelesaikan soal matematis yang diajukan juga mendorong siswa dari kurang/tidak kreatif berubah menjadi minimal cukup kreatif. Hambatan yang dialami peneliti dalam menerapkan problem creating untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan soal open ended antara lain adalah kesiapan pengetahuaan prasyarat bagi siswa yang berkemampuan kurang. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru matematika umumnya agar menerapkan pembelajaran dengan problem creating sebagai salah satu model pembelajaran alternatif sehingga siswa terlatih mengembangkan ide-ide keindividualnya untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah (soal) matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110358

Actions (login required)

View Item View Item