Idawati, Nunuk (2013) Pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas siswa pada materi bentuk aljabar di SMP:N 1 Kesamben / Nunuk Idawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Idawati Nunuk. 2013. Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dengan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di SMPN 1 Kesamben. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M. Si. (II) Dr. Sri Mulyati M. Pd. Kata Kunci pembelajaran think pair share pendekatan matematika realistik aktivitas siswa meningkatkan bentuk aljabar. Berdasarkan observasi awal di SMPN 1 Kesamben didapatkan kasus bahwa beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi bentuk aljabar. Kasus ini disebabkan oleh (1) aktivitas siswa selama proses belajar matematika rendah dan siswa berperilaku pasif (2) motivasi belajar siswa rendah (3) guru mengajar dengan menjelaskan materi kemudian memberikan contoh soal dan latihan dan siswa hanya mendengarkan kemudian mencatat dan (4) guru belum melaksanakan model pembelajaran yang memaksimalkan aktivitas dan hasil konstruksi siswa . Menghadapi penyebab kesulitan siswa diperlukan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TPS dengan pendekatan matematika realistik yang dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi bentuk aljabar di SMPN 1 Kesamben. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian model Suharsimi Arikunto dengan menggunakan siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil siklus I diketahui bahwa aktivitas siswa belum meningkat dimana untuk mental activity sebesar 50% siswa berada pada kriteria baik untuk oral activity siswa yang melakukan aktivitas tanya-jawab sebesar 66 67%. Hasil siklus II diketahui bahwa aktivitas siswa meningkat dimana untuk mental activity sebesar 87 5% siswa berada pada kriteria baik untuk oral activity siswa yang melakukan aktivitas tanya-jawab sebesar 86 36%. Peningkatan emotional activity ditunjukkan dengan persentase siswa yang bersikap positif terhadap pelaksanaan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMPN 1 Kesamben sebanyak 24 siswa. Langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa terdiri dari tiga kegiatan yaitu pendahuluan kegiatan inti dan penutup. Kegiatan awal terdiri dari menyampaikan tujuan pembelajaran mengingatkan materi sebelumnya dan memotivasi siswa. Kegiatan inti terdiri dari tahap bekerja secara individu tahap bekerja dengan berpasangan dan tahap bekerja kelompok yang terdiri dari 6 siswa kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelas. Kegiatan akhir adalah membuat kesimpulan hasil pembelajaran dan mengerjakan latihan soal. Karakteristik pendidikan matematika realistik dimasukkan dalam tiga kegiatan pembelajaran tersebut. Saran yang diberikan adalah pembelajaran bentuk aljabar dengan model pembelajaran think pair share dengan pendekatan matematika realistik membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga pemilihan materi juga sangat diperlukan apabila materi yang relatif mudah akan membuang waktu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110355 |
Actions (login required)
View Item |