Pengembangan buku siswa bangun ruang sisi datar berbasis pendidikan matematika realistik pada siswa kelas VIII / Muhammad Husni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku siswa bangun ruang sisi datar berbasis pendidikan matematika realistik pada siswa kelas VIII / Muhammad Husni

Husni, Muhammad (2013) Pengembangan buku siswa bangun ruang sisi datar berbasis pendidikan matematika realistik pada siswa kelas VIII / Muhammad Husni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bukusiswa pendidikanmatematikarealistik bangunruangsisidatar Pengembangan buku siswa dilakukan dalam rangka mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Latar belakang dilakukannya penelitian pengembangan buku siswa ini karena adanya masalah yang dihadapi oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Poncokusumo. Kesulitan yang mereka hadapi karena ketiadaan perangkat pembelajaran berupa buku siswa yang memuat materi bangun ruang sisi datar. Selain itu siswa juga kesulitan dalam menghadapi soal-soal dalam bentuk soal cerita. Oleh karena itu diperlukan perangkat pembelajaran yang dapat membantu masalah yang sedang dihadapi siswa. Pendekatan PMRdipilih dalam pengembangan buku siswa ini. Permasalahan realistik akan membantu siswa untuk mengkonstruk sendiri konsep matematika dalam pikirannya.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmengembangkanbukusiswa pada materi bangun ruang sisi datardenganpendekatan PMR di kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Pengembanganbukusiswabangunruangsisidatarberbasis PMR inimenggunakan model pengembanganPlomp (2010) yang terdiri dari tiga fase. Fase pengembangan Plomp yaitu fase penelitian awal (preliminary research) fase prototype (prototyping phase) dan fase penilaian (assessment phase). Buku siswa divalidasi oleh ahli yaitu empat orang validator. Buku siswa dapat masukan dari para ahli kemudian direvisi. Buku yang sudah direvisi kemudian diuji cobakan pada siswa kelas VIII-B SMPN 1 Poncokusumo. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan buku siswa. Berdasarkan hasil uji coba tingkat keterlaksaan penggunaan buku siswa berada pada katagori tinggi selama tujuh pertemuan sehingga buku siswa dikatakan praktis. Berdasarkan perhitungan skor aktivitas siswa diperoleh skor dengan kategori minimal aktif untuk setiap aspek. Siswa memberikan respon yang positif terhadap buku siswa. Berdasarkan hasil perhitungan ketuntasan belajar dari 34 siswa diperoleh 30 siswa (88%) mendapat nilai minimal 75 dan 4 siswa (12%) yang mendapat nilai kurang dari 75. Dengan demikian buku siswa bangun ruang sisi datar berbasis pendidikan matematika realistik pada kelas VIII yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110354

Actions (login required)

View Item View Item