Safrina, Maya (2013) Konsepsi pengetahuan konten pedagogik mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang tahun 2012/2013 terhadap materi himpunan / Maya Safrina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci konsepsi pengetahuan konten pedagogik himpunan Hasil pengamatan penulis yang mengajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam materi himpunan. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep yang ada pada materi ini. Penulis beranggapan bahwa selama ini siswa masih mengalami miskonsepsi-miskonsepsi pada materi himpunan. Di sisi lain konsepsi pengetahuan konten pedagogik mahasiswa terhadap materi himpunan masih tergolong rendah. Mahasiswa belum mampu melihat miskonsepsi-miskonsepsi siswa dan menemukan cara untuk membantu siswa dalam mengatasi miskonsepsinya terhadap materi himpunan. Akibatnya mereka akan mengalami kesulitan dalam membantu mengatasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa membentuk kriteria yang tepat untuk penilaian dan menilai jawaban siswa berdasarkaan kriteria-kriteria yang mereka buat. Akibatnya pembelajaran menjadi tidak akan efektif. Oleh karenanya peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konsepsi pengetahuan konten pedagogik mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang tahun 2012/2013 terhadap materi himpunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah empat mahasiswa Universitas Negeri Malang semester genap tahun 2012/2013 semester 8. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pralapangan lapangan dan pengolahan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penjaringan respon mahasiswa dari lembar kuisioner dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar kuisioner tentang materi himpunan rubrik penskoran pedoman wawancara dan lembar validasi untuk lembar kuisioner rubrik penskoran dan pedoman wawancara. Data yang terkumpul kemudian diperiksa kebenaran kesesuaian dan kehandalannya melalui triangulasi metode. Selanjutnya data diorganisasi dimaknai dan disimpulkan pada setiap kasus penelitian kemudian dibandingkan dengan data pada kasus penelitian yang lain selanjutnya ditarik kesimpulan akhir. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan antara lain (1) ada empat mahasiswa yang mampu menemukan miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan menemukan cara dalam membantu siswa dalam mengatasi miskonsepsinya (2) ada tiga mahasiswa yang mampu menemukan miskonsepsi yang terjadi pada siswa tetapi tidak menemukan cara dalam membantu siswa dalam mengatasi miskonsepsinya (3) ada dua mahasiswa yang tidak menemukan miskonsepsi yang terjadi pada siswa tetapi menemukan cara dalam membantu siswa dalam mengatasi miskonsepsinya (4) ada empat mahasiswa yang tidak menemukan miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan menemukan cara dalam membantu siswa dalam mengatasi miskonsepsinya (5) ada satu mahasiswa yang tidak konsisten dalam memberikan respon pada lembar kuisioner dan (6) ada dua mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pengetahuan matematis. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengembangkan kajian untuk melihat konsepsi pengetahuan konten pedagogik mahasiswa sebagai calon guru dari sudut pandang yang berbeda mengembangkan bidang kajian selain pada materi himpunan dan mengembangkan bahan ajar atau desain pembelajaran yang dapat meningkatkan pengetahuan konten pedagogik guru dan mahasiswa sebagai calon guru khususnya pada materi himpunan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110352 |
Actions (login required)
View Item |