Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) berbantuan puzzle aljabar untuk membangun pemahaman sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Kabuipaten Mojokerto tahun ajaran 2012/2013 / Vivi Suwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) berbantuan puzzle aljabar untuk membangun pemahaman sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Kabuipaten Mojokerto tahun ajaran 2012/2013 / Vivi Suwanti

Suwanti, Vivi (2013) Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) berbantuan puzzle aljabar untuk membangun pemahaman sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Kabuipaten Mojokerto tahun ajaran 2012/2013 / Vivi Suwanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suwanti Vivi. 2013. Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) Berbantuan Puzzle Aljabar Untuk Membangun Pemahaman Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Tahun Ajaran 2012/2013. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (2) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si Kata Kunci CMI puzzle aljabar pemahaman SPLDV. 12288 12288 12288 12288 Keseimbangan antara pemahaman konseptual dan prosedural merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh guru saat mengajarkan matematika. Pembelajaran matematika dengan metode tradisional biasanya lebih menekankan pada pengembangan pemahaman prosedural siswa. Sedangkan pembelajaran matematika berbasis reformasi lebih fokus pada pengembangan pemahaman konseptual siswa. Kerangka Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) adalah suatu kerangka pembelajaran yang dapat memberikan siswa ruang untuk mengembangkan baik pemahaman konseptual maupun melatih kemampuan prosedural. Kerangka CMI terdiri dari tiga tahap learning cycle yaitu develop understanding solidify understanding dan practice understanding. Pada setiap tahap dari learning cycle termuat tiga fase teaching cycle yaitu fase launch explore dan discuss. 12288 12288 12288 12288 Proses pengembangan pemahaman siswa akan lebih efektif jika dilakukan dengan bantuan bahan manipulatif. Puzzle aljabar adalah bahan manipulatif yang dapat digunakan untuk membantu memahamkan siswa tentang prosedur pencarian selesaian sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan kerangka CMI berbantuan puzzle aljabar untuk membangun pemahaman SPLDV siswa kelas VIII. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah 14 orang siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Pungging Mojokerto. Data yang diambil adalah proses berlangsungnya tindakan yang terekam dalam LKS wawancara tes akhir dan lembar observasi. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kerangka CMI dapat membantu siswa membangun pemahaman konseptual dan prosedural. Hal ini didukung dengan hasil wawancara dan tes akhir siswa pada siklus II yang menunjukkan 86 % siswa berada pada kategori tuntas 2) teaching cycle pada kerangka CMI akan lebih memudahkan siswa jika diterapkan dengan urutan launch explore launch ... explore discuss 3) proses berlangsungnya tahap solidify understanding membutuhkan waktu lebih lama dari pada tahap develop understanding atau practice understanding dan 4) puzzle aljabar dapat membantu siswa lebih mudah memahami prosedur substitusi dan eliminasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110351

Actions (login required)

View Item View Item