Patriani, Yani (2013) Strategi React untuk meningkatkan pemahaman materi aturan sinus dan cosinus pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Samarinda / Yani Patriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Strategi REACT Aturan Sinus Aturan Kosinus Berdasarkan hasil diskusi peneliti dengan guru matematika di SMAN 1 Samarinda diperoleh informasi bahwa materi trigonometri termasuk materi yang sulit dipahami siswa. Kesulitan siswa diantaranya adalah untuk memahami konsep aturan sinus dan aturan cosinus. Berdasarkan nilai tes siswa pada materi perbandingan trigonometri identitas trigonometri dan perbandingan trigonometri sudut yang saling berelasi diperoleh bahwa kelas X-1 adalah kelas yang mendapat nilai rata-rata paling rendah sehingga dipilih untuk menjadi subjek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan strategi REACT yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi aturan sinus dan cosinus. Strategi REACT mempunyai 5 tahap yaitu Relating (mengaitkan) Experiencing (mengalami) Applying (menerapkan) Cooperating (bekerja sama) dan Transfering (mentransfer). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan yang digunakan adalah perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Samarinda dengan subjek siswa kelas X-1 ysng berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) skor tes siswa yang mencakup tes awal dan tes akhir (2) hasil observasi selama pembelajaran berlangsung (3) hasil wawancara terhadap subjek wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan stategi REACT dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi aturan sinus dan cosinus. Di awal pembelajaran guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan motivasi. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 5 siswa. Guru menyampaikan tugas dan tanggung jawab dalam berkelompok serta mengecek materi prasyarat siswa. Pada tahap relating guru memberikan soal yang mengaitkan antara materi yang akan dipelajari dengan materi prasyarat atau contoh dalam kehidupan sehari-hari pada tahap experiencing guru memberikan soal yang mengarahkan siswa sehingga siswa mengalami sendiri proses membangun pengetahuannya pada tahap applying guru memberikan soal-soal yang penyelesaiannya menggunakan konsep-konsep yang telah dipelajari siswa pada tahap cooperating guru menciptakan kondisi agar siswa dapat saling bertukar pendapat pada tahap transferring guru memberikan soal-soal dari konteks berbagai konteks lain Guru membimbing dan mengarahkan siswa ketika mengalami kesulitan. Perwakilan siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap hasil presentasi. Di akhir pembelajaran siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Untuk mengetahui pemahaman siswa secara lebih mendalam dilakukan tes akhir tindakan dan wawancara. Pembelajaran aturan sinus dan cosinus yang menerapkan strategi REACT telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa. Hasil pengamatan observasi tentang aktivitas siswa dan guru menunjukkan kategori baik. Hasil tes akhir menunjukkan bahwa sudah memenuhi kriteria peningkatan hasil belajar yaitu 75% siswa dapat dikatakan tuntas dimana telah diperoleh presentase sebesar 85% siswa yang tuntas (memenuhi nilai ). Dari hasil wawancara siswa sudah dapat menjelaskan konsep aturan sinus dan cosinus dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110350 |
Actions (login required)
View Item |