Pengembangan buku siswa topik dimensi dua bercirikan pembelajaran kontekstual untuk siswa program keahlian teknik gambar bangunan / Umi Tasbihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku siswa topik dimensi dua bercirikan pembelajaran kontekstual untuk siswa program keahlian teknik gambar bangunan / Umi Tasbihah

Tasbihah, Umi (2013) Pengembangan buku siswa topik dimensi dua bercirikan pembelajaran kontekstual untuk siswa program keahlian teknik gambar bangunan / Umi Tasbihah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci buku siswa topik Dimensi Dua pembelajaran kontekstual. Teknik Gambar Bangunan (TGB) merupakan satu dari 12 program keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Pacitan. Pada mata pelajaran matematika siswa TGB mengalami kesulitan memahami materi. Siswa cenderung menghafalkan rumus dan akan mengalami kemacetan jika lupa rumusnya. Akibatnya siswa akan kehilangan antusiasme dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan penalaran terhadap matematika perlu memperhatikan cara dan strategi pengajarannya. Dalam pembelajaran matematika dirasa perlu untuk memanfaatkan lingkungan siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Pemilihan bahan ajar yang sesuai dengan program keahlian siswa dirasa juga mampu meningkatkan keaktifan dan antusiasme siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika. Pada kenyataannya bahan ajar matematika untuk masing-masing program keahlian belum pernah ada. Oleh karena itu sangat diperlukan bahan ajar matematika yang disusun khusus untuk program keahlian TGB dengan pembahasan materi yang memotivasi siswa untuk lebih meningkatkan ketrampilan dan keaktifan. Beberapa kompetensi dasar pada silabus produktif TGB memungkinkan untuk dikaitkan dengan topik Dimensi dua pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan pengamatan dan penelitian awal pembelajaran matematika di program keahlian TGB maka disusun bahan ajar berupa buku siswa topik Dimensi Dua bercirikan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT. Buku siswa dikembangkan mengacu kepada teori penelitian pengembangan menurut Plomp. Teori penelitian pengembangan ini mempunyai tahap-tahap yaitu preliminary research (penelitian awal) prototyping phase (tahap pengembangan) assessment phase (tahap penilaian). Buku siswa hasil pengembangan harus memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Kualitas buku siswa yang dihasilkan memenuhi kriteria tertentu berdasarkan kriteria kualitas menurut Nieven yaitu validity practicality dan effectiveness. Penentuan kriteria kualitas tersebut melalui proses validasi dan uji coba. Kriteria valid berdasarkan penilaian validator dengan kriteria kevalidan yang ditetapkan yaitu V_k 8805 3. Kriteria praktis berdasarkan pada pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Buku siswa dikatakan praktis jika pengamatan terhadap keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan yang ditetapkan yaitu P_k 8805 3. Kriteria efektif berdasarkan pada skor tes akhir dan respon siswa terhadap buku siswa yang telah digunakan. Buku siswa dikatakan efektif jika minimal 80% siswa memberikan respon positif dan tes pemahaman materi pada buku siswa mencapai tingkat penguasaan materi minimal tinggi. Hasil penelitian menunjukkan buku siswa yang dikembangkan telah valid dengan penilaian dari validator diperoleh rata-rata total untuk semua aspek (V_k) yaitu 3 542. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan buku siswa menunjukkan bahwa buku siswa telah praktis dengan skor untuk 5 kali pertemuan diperoleh rata-rata total semua aspek (P_k) yaitu 3 69. Setelah dilakukan perhitungan terhadap angket respon siswa dan tes pemahaman materi pada buku siswa diperoleh hasil yaitu 92 86% siswa memberikan respon positif dan 85 71% siswa memperoleh tingkat penguasaan minimal tinggi. Sehingga sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dapat disimpulkan bahwa buku siswa memenuhi kriteria keefektifan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110349

Actions (login required)

View Item View Item