Sugiyarti (2013) Pengembangan buku siswa dengan mengacu lima fase belajar model Van Hiele pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Sugiyarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Bangun ruang sisi datar Fase belajar model van Hiele Bangun ruang sisi datar merupakan bagian dari geometri yang mempunyai peranan penting dalam bidang matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu pemahaman konsep bangun ruang perlu ditekankan pada siswa sejak dini. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap bangun ruang masih rendah. Salah satu faktor kesulitan siswa dalam mempelajari bangun ruang sangat dipengaruhi oleh penyajian materi yang disusun dalam buku. Siswa tidak diberi kesempatan untuk menemukan menjelaskan konsep bangun ruang berdasarkan karakteristik tahap berpikirnya. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk mengembangkan buku siswa yang disusun berdasarkan karakteristik tahap berpikir dengan mengacu pada lima fase belajar model van Hiele. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan buku siswa dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang bercirikan fase belajar model van Hiele pada materi bangun ruang kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dikembangkan oleh Plomp (2010) yang meliputi tiga tahapan yakni (1) tahap penelitian awal (preliminary research) (2) tahap pengembangan (prototyping phase) (3) Tahap penilaian (assessment phase). Subyek uji coba adalah siswa kelas VIIIF SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan diperoleh buku siswa dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang valid praktis dan efektif. Skor rata-rata untuk semua aspek hasil validasi ahli dan praktisi untuk buku siswa RPP dan tes akhir 3 54 3 53 dan 3 56 memenuhi kriteria yang ditetapkan yaitu valid karena (V_k ) 773 8805 3. Skor rata-rata untuk semua indikator hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan keterlaksanaan buku siswa yang dilakukan oleh dua observer yakni 3 75 dan 3 74 memenuhi kriteria yang ditetapkan yaitu buku siswa dan RPP praktis karena P_k 8805 3. Buku siswa dan RPP memenuhi kriteria efektif karena penguasaan bangun ruang yang diukur melalui hasil tes akhir dan hasil aktivitas unjuk kerja siswa dalam buku mencapai penguasaan klasikal 87% melebihi penguasaan klasikal yang ditetapkan yakni 70%. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran yang dilakukan oleh dua observer diperoleh skor rata-rata untuk semua indikator 3 65 memenuhi kriteria yang ditetapkan yakni aktivitas siswa sangat tinggi karena x 773 8805 3 5. Respon siswa terhadap buku dan pembelajaran dengan fase belajar model van Hiele pada materi bangun ruang sisi rata positif karena S 773 8805 2. Catatan saran dan komentar baik dari validator praktisi dan observer digunakan dalam merevisi produk pengembangan ini. Berdasarkan penelitian pengembangan ini maka bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah yang memiliki karakteristik siswa yang sama sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas buku siswa dan RPP dengan mengacu fase belajar model van Hiele pada materi bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110348 |
Actions (login required)
View Item |