Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media mika tentang sudut pada kubus dan balok untuk memahamkan siswa kelas X4 SMAN 2 Probolinggo / Lioni Anka Monalisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media mika tentang sudut pada kubus dan balok untuk memahamkan siswa kelas X4 SMAN 2 Probolinggo / Lioni Anka Monalisa

Monalisa, Lioni Anka (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media mika tentang sudut pada kubus dan balok untuk memahamkan siswa kelas X4 SMAN 2 Probolinggo / Lioni Anka Monalisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajarankooperatiftipeNumbered Heads Together (NHT) media mika sudutpadakubusdanbalok memahamkan. Suatumaterimatematikalebihmudahdipahamibiladipelajaridenganbelajarkelompokdandihadapkanpadasituasinyata. Penelitian inidilakukanuntukmeneliti pemahamansiswatentangsudutpadakubusdanbalokdengan menggunakan media mika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapanmodel pembelajarankooperatiftipe NHT mengguakan media mikauntukmemahamkankonsepsudutpadakubusdanbaloksiswakelasX4 SMAN 2Probolinggo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelasdanpendekatankualitatif. Dalam hal ini peneliti berperan sebagai pemberi tindakan instrumen kunci pelapor hasil penelitian dan pewawancara terhadap subjek penelitian. Data penelitian ini berupa hasil kajian dari tes akhirdan wawancara. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dansiswa tesakhir dan wawancara. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti telah tercapai pada siklus II yaitu persentase tidak ditemui kesalahan prosedurdankonsepmasing-masinglebihdari75% dan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sudah di atas 75%. Secara lebih rinci padasiklusduadiperoleh (1) persentase siswa yang melakukan kesalahan prosedur adalah sebesar 36% (2) persentase siswa yang melakukan kesalahan konsepsebesar 32% serta (3) persentase siswa yang sudah mencapai KKM adalah sebesar82%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatiftipe NHT menggunakan media mikatentangsudutpadakubusdanbalok yang dapatmemahamkansiswakelas X4 yaitu (1) guru mengingatkan kembali tentang materi prasyarat yaitu trigonometri (2) guru membagikelasdalamkelompok-kelompokkecil dimanasetiapkelompokterdiridarisatuketuakelompokdantigaanggota. Ketuakelompokbertugasmengaturjalannyadiskusidalamkelompok (3) guru membagikanLembarKegiatanSiswa media mika sertalidisebagai diagonal sisidan diagonal ruang (4) guru menjelaskanaturanmenyelesaikanmasalahpada LKS denganmenggunakan media mika yang telahdisediakan (5) guru mengundinamakelompokdannomorsiswauntukmempresentasikanjawaban di depankelasdan guru meluruskanbilaada yang tidakdipahamiolehsiswa dan (6) guru membantusiswauntukmembuatkesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110346

Actions (login required)

View Item View Item