Penggunaan pita melalui pembelajaran missouri mathematics project unutk memahamkan siswa tentang luas permukaan bola / Pentri Arfia Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan pita melalui pembelajaran missouri mathematics project unutk memahamkan siswa tentang luas permukaan bola / Pentri Arfia Dewi

Dewi, Pentri Arfia (2013) Penggunaan pita melalui pembelajaran missouri mathematics project unutk memahamkan siswa tentang luas permukaan bola / Pentri Arfia Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Pentri Arfia. 2013. Penggunaan Pita Melalui Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Memahamkan Siswa Tentang Luas Permukaan Bola. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. Swasono Rahardjo M.Si Kata Kunci bahan manipulatif Missouri Mathematics Project memahamkan luas permukaan bola. Kesulitan memahami materi luas permukaan bola dialami oleh beberapa siswa SMP Al-Hidayah Malang. Kasus ini diduga disebabkan (1)kondisi kelas selama pembelajaran kurang kondusif (2)penyampaian materi dengan cara yang sama membuat siswa bosan dan kurang memperhatikan guru (3) guru belum menggunakan bahan manipulatif dalam pembelajaran dan (4)siswa kurang memahami konsep awal suatu materi. Dalam penelitian ini dipergunakan bahan manipulatif untuk mengatasi masalah. Penelitian ini akan mendeskripsikan penggunaan pita melalui pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk memahamkan siswa tentang luas permukaan bola. Pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan pembelajaran Missouri Mathematics Project yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1)tahap reviu (2) tahap pengembangan dan latihan terkontrol (3)pengerjaan worksheet dan (4) penutup dan pemberian pekerjaan rumah. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Untuk mendukung penelitian maka disusun (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (2)Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Siswa (3)Lembar Validasi (4) Lembar Kegiatan Siswa (5)Soal worksheet (6)Pekerjaan Rumah (7)Soal Tes Akhir dan (8)Lembar Wawancara. Dalam penelitian ini juga dilakukan kajian dari jawaban siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan bahan manipulatif bola dan pita dapat memahamkan siswa tentang luas permukaan bola dengan cara berikut ini (1)siswa menggunting bola menjadi dua bagian yang sama besar (2)siswa membuat empat lingkaran di kertas ukuran A4 dengan menjiplak dari setengah bola (3)siswa melilitkan pita keseluruh permukaan setengah bola (4)siswa melepaskan seluruh lilitan pita dan menempelkan pada lingkaran yang telah dibuat seperti pada langkah (2). Di akhir siklus II persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep prosedur dan kalkulasi di atas 65% dan 75% dari seluruh siswa memperoleh nilai akhir lebih dari atau sama dengan 70.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110345

Actions (login required)

View Item View Item