Suprapti, Endang (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran model advance organizer yang bermultimedia untuk mengurangi beban kognitif extraneous siswa pada materi garis dan sudut / Endang Suprapti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suprapti Endang. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Advance Organizer yang Bermultimedia untuk Mengurangi Beban Kognitif Extraneous Siswa pada Materi Garis dan Sudut. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta M.Si (II) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Model Advance Organizer Beban Kognitif Extraneous Garis dan Sudut Pelaksanaan pembelajaran di SMP Yayasan Pupuk Kaltim secara umum menggunakan metode ekspositori pada semua materi dan penggunaan fasilitas proyektor LCD yang belum maksimal. Pembelajaran dengan menggunakan metode tersebut ternyata kurang dapat memberikan pemahaman yang maksimal bagi siswa terutama untuk materi garis dan sudut pada submateri sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis berpotongan atau dua garis sejajar dipotong garis lain. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan dalam pembelajaran. Beban kognitif siswa dalam belajar materi ini perlu diperhatikan. Beban kognitif terdiri dari (1) intrinsic (2) extraneous dan (3) germane. Apabila dicermati materi garis dan sudut ini memiliki unsur dan hubungan antar unsur yang komplek. Hal ini mengakibatkan beban kognitif intrinsic dari materi pada katagori tinggi sehingga perlu untuk mengurangi beban kognitif extraneous agar beban kognitif germane meningkat. Usaha yang dilakukan untuk mengurangi beban kognitif extraneous adalah dengan menggunakan desain pembelajaran yang baik. 12288 12288 12288 12288 Penggunaan model advance organizer dan multimedia dalam pembelajaran bertujuan untuk memperoleh desain pembelajaran yang baik. Model advance organizer mampu memberikan kejelasan hubungan antar materi dan memperkuat struktur kognitif. Model ini terdiri dari tiga fase yaitu penyajian pengatur awal penyajian materi atau tugas dan penguatan struktur kognitif siswa. Penggunaan multimedia didasarkan pada pengurangan beban kognitif extraneous siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga perlu diperhatikan agar siswa memiliki pengalaman belajar yang lebih baik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan uraian tersebut maka perlu dikembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model advance organizer yang bermultimedia. Perangkat yang disusun terdiri dari (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (2) Multimedia (3) Lembar Kerja Siswa (LKS). Dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Plomp (2010) sebagai acuan. Model Plomp terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian awal pengembangan dan penilaian. Perangkat yang disusun harus memiliki kriteria kualitas yang tinggi yaitu valid praktis dan efektif serta dapat mengurangi beban kognitif extraneous siswa. Guna menilai produk tersebut perlu dilakukan validasi dan uji coba produk. Produk yang telah memenuhi kriteria kevalidan kemudian diujicobakan pada dua kelas yaitu di kelas VIID dan VIIB. Hasil validasi menunjukkan bahwa keseluruhan perangkat dan instrumen memenuhi kriteria valid dengan revisi yang bukan substansi. Hasil uji coba pertama di kelas VIID menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis berkurangnya beban kognitif extraneous namum belum memenuhi kriteria efektif. 12288 12288 12288 12288 Hasil revisi dari perangkat pembelajaran ini kemudian digunakan sebagai uji coba kedua di kelas VIIB. Hasil uji coba kedua di kelas VIIB menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis efektif dan berkurangya beban kognitif extraneous siswa. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang disusun telah memenuhi kriteria kualitas tinggi yaitu valid praktis efektif serta dapat mengurangi beban kognitif extraneous siswa. Pemanfaatan perangkat pembelajaran ini dapat digunakan pada sekolah lain dengan menyesuaikan karakterisik sekolah tersebut. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110344 |
Actions (login required)
View Item |