Apriyani, Paulina Kristin (2013) Pembelajaran model Students Team Achievement Devision (STAD) berbantuan program Geogebra untuk memahamkan persamaan Trigonometri sederhana siswa kelas X-A SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Paulina Kristin Apriyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Apriyani Paulina K. 2013. Pembelajaran Model Students Team Achivement Division (STAD) Berbantuan Program Geogebra Untuk Memahamkan Persamaan Trigonometri Sederhana Siswa Kelas X-A SMAK Kolese Santo Yusup Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci Pembelajaran kooperatif model students team achivement division (STAD) program Geogebra persamaan trigonometri sederhana. Trigonometri adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari tentang sudut. Persamaan trigonometri sederhana adalah bagian dari trigonometri. Siswa kelas X SMAK Kolese Santo Yusup Malang menganggap bahwa materi persamaan trigonometri sederhana adalah materi yang sulit dipahami. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan guru yang sering menggunakan metode ceramah. Dengan metode ceramah tersebut siswa menjadi pasif. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk memahamkan persamaan trigonometri sederhana dengan model Students Team Achivement Division (STAD) berbantuan program Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan rancangan pembelajaran dengan model STAD berbantuan program Geogebra yang dapat memahamkan persamaan trigonometri sederhana siswa kelas X SMAK Kolese Santo Yusup Malang (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan rancangan tersebut dan (3) memahaman siswa tentang persamaan trigonometri sederhana dengan model STAD yang berbantuan program Geogebra. Penelitian dilaksanakan di kelas X-A SMAK Kolese Santo Yusup Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan (action research) dan terbagi dalam tiga tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal terdiri dari kegiatan mengingatkan siswa tentang materi prasyarat memberi motivasi menyampaikan tujuan pembelajaran dan membagikan LKS (2) tahap inti meliputi pelaksanaan kegiatan diskusi kelompok dan (3) tahap akhir adalah menyimpulkan hasil pembelajaran adanya penghargaan kelompok dan melakukan evaluasi secara tertulis. Berdasarkan hasil penelitian ini maka guru pengajar matematika kelas X diharapkan supaya mengajarkan persamaan trigonometri sederhana menggunakan alternatif pembelajaran dengan model STAD berbantuan program Geogebra. Hal ini dikarenakan pembelajaran dengan model STAD dapat memahamkan konsep persamaan trigonometri sederhana siswa kelas X-A SMAK Kolese Santo Yusup Malang dan respon siswa terhadap pembelajaran ini sangat positif. Program Geogebra sangat membantu memvisualisasikan fungsi persamaan trigonometri yang selama ini sulit dilihat pada media papan tulis dan kertas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110343 |
Actions (login required)
View Item |