Furnaningtias (2013) Penerapan pendaftaran open-ended untuk membangun berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Penajam Paser Utara / Furnaningtias. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Furnaningtias. 2013. Penerapan Pendekatan Open-Ended Untuk Membangun Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Penajam Paser Utara . Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Negah Parta M.Si. dan (2) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata kunci pembelajaran pendekatan open-ended berpikir kreatif. 12288 12288 12288 12288 Matematika merupakan pelajaran yang tidak mudah bagi kebanyakan siswa. Sering ditemukan permasalahan yang dialami siswa dalam memahami suatu materi yang diterima. Satu hal yang sering terjadi adalah matematika yang dipelajari di sekolah merupakan suatu rangkaian langkah-langkah yang dihafal oleh siswa bukan merupakan informasi yang mendorong siswa berpikir kreatif. Berdasarhan hasil penelitian di kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Penajam Paser Utara sampai saat ini pembelajaran masih berpusat pada guru. Dalam penyelesaian soal guru langsung memberikan langkah-langkah penyelesaian siswa cenderung menghafal rumus dan cara-cara dalam mengerjakan soal seperti yang dicontohkan guru sehingga berpikir kreatif siswa tidak berkembang. Faktor lain yang menyebabkan berpikir kreatif siswa tidak berkembang antara lain (1) kurang aktifnya siswa dalam kegiatan belajar di kelas (2) rasa kurang percaya diri pada kemampuan yang dimiliki (3) siswa cenderung takut salah dalam menuangkan ide-ide dalam penyelesaian soal. Oleh karena itu di sekolah perlu disusun suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membangun berpikir kreatif sehingga siswa mampu menemukan ide-ide atau gagasan baru dalam menyelesaikan soal. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membangun berpikir kreatif siswa adalah pembelajaran dengan pendekatan open-ended. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk membangun berpikir kreatif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Penajam Paser Utara semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Data diambil dari hasil pengamatan selama pembelajaran dan hasil wawancara. Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dapat membangun berpikir kreatif siswa adalah (1) orientasi (2) pembekalan materi (3) penyajian masalah open-ended (4) pengerjaan soal terbuka secara individu (5) diskusi kelompok tentang masalah yang sama (6) presentasi hasil diskusi dan (7) penutup. Peneliti (guru) memberi waktu yang cukup kepada siswa untuk mengerjakan masalah baik secara individu maupun kelompok sehingga siswa lebih leluasa dalam menyelesaikan masalah. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini memperlihatkan terbangunnya kemampuan berpikir siswa dari kemampuan siswa dalam menemukan dan menyelesaikan masalah matematika yang meliputi indikator menghasilkan ide-ide (generating ideas) dan menerapkan ide (applying ideas) yamg diukur dari hasil unjuk kerja siswa menyelesaikan LKS (individu) dengan pencapaian 76% siswa dari keseluruhan siswa telah mencapai kategori sedang. Untuk penguasaan bahan ajar siswa dalam penelitian ini dapat diketahui meningkat diukur dari hasil tes akhir siklus dengan pencapaian 72% siswa dari keseluruhan siswa telah mencapai KKM. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110342 |
Actions (login required)
View Item |