Mudsaputro, Mohamad Isnaiyulian (2013) Memahamkan konsep kesebangunan melalui pembelajaran berbasis proyek / Mohamad Isnaiyulian Mudsaputro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Kesebangunan Pembelajaran Berbasis Proyek. Kesebangunan mempunyai peranan yang penting dalam bidang matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep kesebangunan perlu ditekankan pada peserta didik sejak dini. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap kesebangunan masih rendah. Peserta didik cenderung menghafal aturan-aturan yang ada dalam kesebangunan. Peserta didik tidak diberi kesempatan untuk memahami lebih jauh mengenai materi tersebut. Oleh sebab itu diperlukan usaha yang serius dalam memberikan pemahaman peserta didik terhadap kesebangunan dengan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran yang dapat memahamkan peserta didik kelas IX SMP tentang kesebangunan dengan diterapkan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas IXA SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi. Untuk mendapatkan informasi dari peserta didik mengenai pembelajaran yang dilaksanakan maka dipilih 4 subjek wawancara yang terdiri dari 1 peserta didik berkemampuan rendah 2 peserta didik berkemampuan sedang dan 1 peserta didik berkemampuan tinggi. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan dengan pertimbangan bahwa keempat peserta didik tersebut mudah diajak komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran berbasis proyek yang dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik kelas IXA SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi mengenai materi kesebangunan terbagi dalam tiga tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran memotivasi peserta didik tentang pentingnya kesebangunan mengingat kembali materi prasyarat pembentukan kelompok dan pemberian lembar kerja proyek (2) tahap inti meliputi pengerjaan proyek oleh setiap kelompok dan presentasi hasil kerja proyek (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi. Hasil belajar peserta didik dalam penelitian ini sudah baik pada konsep kesebangunan melalui model pembelajaran berbasis proyek. Hal ini dapat dilihat bahwa hasil tes akhir diperoleh nilai dengan rata-rata 89 dan hasil cek pemahaman yang dilakukan pada saat penyelesaian proyek pemahaman peserta didik dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kesebangunan sudah baik. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai model pembelajaran berbasis proyek. Bagi guru yang menerapkan pembelajaran berbasis proyek hendaknya memberikan bimbingan kepada peserta didik secara efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110341 |
Actions (login required)
View Item |