Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pada materi program linear / Subakri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pada materi program linear / Subakri

Subakri (2013) Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pada materi program linear / Subakri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Subakri 2013. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Materi Program Linear. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (2) Dr. Makbul Muksar S.Pd. M.Si. Kata Kunci minat prestasi pembelajaran matematika realistik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan prestasi belajar siswa pada materi program linear. Dalam proses pembelajaran siswa tidak pernah diberi kesempatan oleh guru untuk mengembangkan ide dalam menyelesaikan masalah program linear. Proses pembelajaran yang terjadi pada umumnya guru memberikan contoh masalah kemudian mengajari langkah-langkah penyelesaiannya sehingga siswa hanya mampu menyelesaikan masalah secara prosedural saja. Dengan memperhatikan latar belakang tersebut maka perlu dilakukan upaya pengembangan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik dimana proses pembelajaran diawali dengan pemberian masalah kontekstual yang sesuai dengan kehidupan siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran matematika realistik yang bisa meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi program linear. Aspek minat belajar yang diamati meliputi perasaan senang ketertarikan perhatian dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Data yang dikumpulkan untuk mengukur minat belajar berupa angket sedangkan untuk mengukur prestasi belajar adalah hasil tes akhir siklus. Sasaran penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 10 Samarinda tahun pembelajaran 2012/2013. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan minat belajar dari siklus I ke siklus II (2) terdapat peningkatan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi program linear.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110339

Actions (login required)

View Item View Item