Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas VII-4 SMP Negeri 4 Balikpapan / Shelly - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas VII-4 SMP Negeri 4 Balikpapan / Shelly

Shelly (2013) Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas VII-4 SMP Negeri 4 Balikpapan / Shelly. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran inkuiri meningkatkan penalaran matematika Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah dapat mengembangkan aktivitas penalaran yang melibatkan imajinasi intuisi dan penemuan dengan mengembangkan kemampuan menyajikan masalah secara tertulis atau gambar membuat dugaan serta menarik kesimpulan dalam menyelesaikan masalah. Kenyataannya di SMP Negeri 4 Balikpapan masih kurang memberikan penekanan dalam meningkatkan penalaran matematika. Menghadapi permasalahan ini perlu membuat penerapan pembelajaran yang dikemas dengan baik dan menarik sesuai dengan kebutuhan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) berbasis konstruktivis pemebelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan menerapkan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan penalaran matematika siswa VII-4 di SMP Negeri 4 Balikpapan tahun pelajaran 2012/2013 pada materi garis dan sudut. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahap pelaksanaan dua siklus tiap siklus dua pertemuan.Hasil pengumpulan data dari pengamatan tindakan guru dan respon siswa dalam pembelajaran LKS kelompok tes penalaran dan wawancara Penerapan pembelajaran inkuiri pada siklus II hasilnya penalaran matematika meningkat. Terjadi meningkat dalam penelitian ini dari menemukan penyelesaian masalah yang memenuhi indikator menyajikan masalah secara tertulis atau gambar membuat dugaan menarik kesimpulan diukur dari hasil kerja LKS kelompok menunjukkan semua kelompok (8 kelompok) mencapai kaegori cukup bernalar atu lebih. Tes penalaran sebanyak 91 1% dari keseluruhan siswa yanng mengikuti tes telah mencapai kategori minimal cukup bernalar atau lebih. Pembelajaran inkuiri yang dapat meningkatkan penalaran matematika yaitu (1) orientasi membina suasana yang responsif antara siswa melalui materi pra syarat untuk menggali informasi pengetahuan yang dimiliki sebelumnya (2) merumuskan masalah mengemukakan masalah untuk ditemukan melalui cerita gambar dan sebagainya kemudian mengajukan pertayaan kearah mencari (3) membuat dugaan dugaan ini akan terlihat setelah pengumpulan data dan pembuktian atas data (4) menguji dugaan mengajukan pertanyaan yang bersifat meminta data untuk pembuktian dugaan dan mengumpulkan data adalah aktifitas menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan (5) menyajikan hasil berkomunikasi menyajikan hasil berdasarkan hasil merumuskan masalah membuat dugaan dan menguji dugaan (6) refleksi dan kesimpulan menarik kesimpulan adalah proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis.Bagi penelitian lain yang berminat mengadakan penelitian lain yang serupa dengan menerapkan pembelajaran inkuiri pada materi yang lain dan mengukur penalaran matematika pada indikator yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110338

Actions (login required)

View Item View Item