Suprayogi, Sugeng (2013) Penerapan pembelajaran inkuiri untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Bontang / Sugeng Suprayogi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran inkuiri menumbuhkan berpikir kreatif matematika Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika. Namun berdasarkan pengamatan dan hasil diskusi dengan guru matematika di SMK Negeri 1 Bontang pembelajaran ma tematika masih berpusat pada guru terjadi kecenderungan siswa meniru cara guru atau buku sehingga berpi kir kreatif siswa tidak berkembang. Memperhatikan permasalahan ini perlu dipayakan perbaikan salah satunya melalui penerapan pembelajaran berbasis konstruktivis yaitu pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pem belajaran inkuiri yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Bontang pada materi sistem pertidaksamaan linier dua variabel dan penerapannya pada masalah program linier. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan sumber data siswa kelas X program studi Analisis Kimia tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan melalui pelaksanaan pembelajaran pengamatan tindakan guru dan respon siswa dalam pembelajaran unjuk kerja LKS kelompok tes berpikir kreatif dan wawancara. Dari pelaksanaan tindakan siklus II diketahui bahwa pembelajaran inkuiri dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Tumbuhnya kemampuan berpikir kreatif dalam penelitian ini diketahui dari kemampuan siswa menemukan ide/gagasan baru dalam menyelesaikan masalah matematika yang memenuhi aspek kelancaran (fluency) fleksibel (flexibility) dan orisinil (originality) yang diukur dari hasil unjuk kerja siswa menyelesaikan LKS (kelompok) dan hasil tes berpikir kreatif. Hasil unjuk kerja LKS kelompok menunjukkan bahwa semua kelompok (8 kelompok) mencapai kategori cukup kreatif atau lebih. Sedangkan hasil tes berpikir kreatif sebanyak 90 6% dari keseluruhan siswa yang mengikuti tes telah mencapai kategori minimal cukup kreatif atau lebih. Langkah-langkah pembelajaran inkuiri yang dapat menumbuhkan kemam-puan berpikir kreatif dalam penelitian ini yaitu (1) orientasi membangkitkan semangat dan partisipasi siswa untuk siap mengikuti pembelajaran dengan mengingatkan pengetahuan prasyarat di awal pembelajaran melalui pertanyaan yang menarik dan menantang (2) menyajikan masalah melatih siswa berpikir divergen melalui pemberian LKS yang memuat masalah terbuka siswa mema-hami dan mencermati masalah yang disajikan (3) mengumpulkan informasi dan membuat dugaan penyelesaian melatih siswa belajar secara mandiri dengan mengerjakan LKS yang didiskusikan bersama kelompoknya (4) menguji dugaan penyelesaian dan membuat kesimpulan sementara meminta siswa mendikusikan ide atau gagasan penyelesaian yang diperoleh masing-masing anggota kelompok membahas beberapa alternatif penyelesaian (5) mengkomunikasikan hasil bebe-rapa kelompok mempresentasikan jawaban meminta kelompok lainnya membe-rikan tanggapan koreksi atau alternatif pemecahan masalah (6) refleksi dan kesimpulan melakukan pengecekan kembali langkah-langkah penyelesaian dan membuat kesimpulan hasil belajar. Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa dapat mengembangkan pembelajaran inkuiri pada materi yang lain dan uuntuk mendukung hasil tumbuhnya kemampuan berpikir kreatif siswa sebaiknya dilakukan penilaian terhadap sikap kreatif siswa. 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110335 |
Actions (login required)
View Item |