Kustiningsih (2013) Pengembangan student guide bercirikan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) materi segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Batu / Kustiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kustiningsih. 2013.Pengembangan Student Guide Bercirikan Pembelajaran Matematika Realistik Materi Segiempat Kelas VII SMPN 1 Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasajana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S M. Sc. (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M. Si Kata kunci pengembangan pembelajaran matematika realistik student guide segiempat Abstrak Matematika merupakan benda pikiran (abstrak). Agar siswa mampu mengkonkretkan benda abstrak dalam matematika maka guru dapat memilih pendekatan pembelajaran yang tepat agar tercapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bercirikan pembelajaran matematika realistik (PMR) pada materi segiempat kelas 7 di SMPN 1 Batu. Materi segiempat di kelas VII merupakan materi prasyarat untuk dapat memahami materi matematika lainnya dan berguna bagi kehidupan kita. Peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran realistik yang berupa student guide untuk mengkontruksi pemahaman materi segiempat melalui serangkaian tugas/kegiatan dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai pedoman bagi guru dalam merealisasikan pembelajaran dengan menggunakan student guide dengan permainan Barter Piramid and Gobak Sodor. Langkah-langkah pembelajaran realistik tercermin dalam student guide dan RPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses untuk memperoleh hasil pengembangan berdasarkan model pengembangan Plomp yang meliputi (1) preliminary research (2)prototyping stage dan (3) assessment stage Uji coba produk menunjukkan persentase skor keterlaksanaan student guide yang ditunjukkan dari data aktivitas siswa adalah 98 % dengan kriteria sangat baik dan persentase keterlaksanaan RPP yang ditunjukkan dari data aktivitas guru adalah 97 8 % dengan kriteria sangat baik dan persentase keefektifan mencapai 92 6 % yang memperoleh skor lebih dari atau sama dengan 75. Data tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian pengembangan ini yang berupa student guide dan RPP telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110334 |
Actions (login required)
View Item |