Pembelajaran logika matematika dengan pendekatan RME dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Udanawu / Eka Hapsari Natalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran logika matematika dengan pendekatan RME dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Udanawu / Eka Hapsari Natalia

Natalia, Eka Hapsari (2013) Pembelajaran logika matematika dengan pendekatan RME dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Udanawu / Eka Hapsari Natalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Tingkat pemahaman. Pengamatan yang dilakukan peneliti menunjukkan adanya permasalahan pembelajaran Matematika di SMK Negeri 1 Udanawu antara lain masih adanya kecenderungan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi logika matematika. Dari hasil wawancara dengan siswa diperoleh bahwa materi logika masih sulit dipahami siswa siswa selalu menghafalkan rumus tanpa mengetahui asal-usul rumus tersebut dan tidak mengetahui penerapannya pada dunia nyata. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi logika matematika. Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) memiliki lima karakteristik yaitu (1) Menggunakan masalah kontekstual (2) adanya keterlibatan siswa dalam membentuk model matematika (3) adanya proses produksi dan kontruksi (4) adanya interaksi antar siswa dan guru dan (5) adanya keterkaitan dengan materi lain. Melalui karakteristik tersebut Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpotensi mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi logika matematika. Pemahaman siswa dapat diukur berdasarkan empat tingkat pemahaman yaitu relasional observasional intruksional dan intuitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan di kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Udanawu Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan banyak siswa 38 orang. Pelaksanaan penelitian siklus I terbagi dalam tiga pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes hasil belajar sedangkan pelaksanaan penelitian siklus II terbagi dalam dua pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes hasil belajar. Data penelitian terdiri dari (1) data validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian (2) data observasi aktivitas guru dalam pembelajaran (3) data observasi aktivitas siswa dan (4) data hasil wawancara. Kegiatan guru kegiatan siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Hasil belajar siswa diukur dengan performa kelompok dan tes hasil belajar siswa dengan bentuk tes esai. Penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) di kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Udanawu Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan tingkat pemahaman konsep siswa untuk mata pelajaran matematika khususnya materi Logika Matematika. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya siswa yang berada pada tingkat pemahaman Relasional pada hasil tes siklus I dan II. Pada tingkat pemahaman Relasional naik sebesar 31 57% (12 siswa ) yaitu dari 34 21% (13 siswa) ke 65 78% (25 siswa) pada tahap observasioanal menurun sebesar 23 68% (9 siswa) yaitu dari 52 63% (20 siswa) menjadi 28 94% (11 siswa) pada tahapan instruksional menurun sebesar 15 78% (6 siswa) menjadi 0% serta pada tahapan intuitif juga mengalami penurunan sebesar 5 26% (2 siswa) menjadi 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa juga didapat respon yang positip mengenai penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian serupa hendaknya mengembangkan pembelajaran ini pada materi lain atau dengan lingkup penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110333

Actions (login required)

View Item View Item