Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk memahamkan materi lingkaran bagi siswa kelas VIII VL-1 SMP Negeri 2 Samarinda / Zulfia Murni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk memahamkan materi lingkaran bagi siswa kelas VIII VL-1 SMP Negeri 2 Samarinda / Zulfia Murni

Murni, Zulfia (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk memahamkan materi lingkaran bagi siswa kelas VIII VL-1 SMP Negeri 2 Samarinda / Zulfia Murni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Lingkaran. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar dan hasil diskusi dengan beberapa guru matematika di lapangan dapat diketahui bahwa siswa SMP Negeri 2 Samarinda kurang memahami secara baik dan benar materi hubungan sudut pusat panjang busur dan luas juring. Keprihatinan ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang difokuskan pada materi hubungan sudut pusat panjang busur dan luas juring. Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share merupakan salah satu strategi pembelajaran konstruktivis. Oleh karena itu penyajiannya di kelas diupayakan agar siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri. Pengetahuan selanjutnya di bangun oleh siswa dengan cara bekerja sama dengan teman dalam satu kelompok. Setiap siswa di tuntut untuk saling bekerja sama. Setidaknya ada dua manfaat yang dapat diperoleh dalam pembelajaran kooperatif yaitu manfaat akademik dan manfaat sosial. Secara akademik siswa meningkatkan pemahaman materi secara sosial siswa belajar hidup berinteraksi dengan siswa lain atau bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif TPS yang dapat memahamkan materi lingkaran bagi siswa kelas VIII BL-1 SMPN 2 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Perangkat penelitian ini berupa RPP dan LKS. Sedangkan instrumennya adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa tes pemahaman wawancara dan dokumentasi. Hasil belajar siswa yang di ukur melalui tes di akhir tindakan telah menunjukkan bahwa 82 14 % dari keseluruhan siswa memperoleh skor lebih dari atau sama dengan 75 (dari skor maksimum 100) dan siswa telah memahami materi lingkaran. Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa senang dengan pembelajaan kooperatif Think Pair Share. Demikian pula ketika pembelajaran berlangsung terlihat aktivitas dan sikap antusias mereka ketika menyelesaikan permasalah dalam lembar kerja siswa yang dilanjutkan dengan menyampaikan hasil kerja mereka di depan kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110332

Actions (login required)

View Item View Item