Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Penajam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square / Suprapto S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Penajam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square / Suprapto S.

Suprapto S. (2013) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Penajam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square / Suprapto S. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 5 Penajam dapat disimpulkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas VII-1. Permasalahan tersebut adalah (a) siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar (b) guru mendominasi dalam pembelajaran dan (c) kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Permasalahan tersebut menyebabkan siswa tidak merasa senang dan tidak bersemangat belajar sehingga hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Diperlukan metode dan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar . Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square merupakan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara individu berpasangan berkelompok dan juga menyampaikan pendapatnya. Permasalahan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor itu adalah motivasi. Siswa yang memiliki motivasi tinggi akan merasa senang dan bersemangat belajar sehingga akan mudah memahami materi pelajaran dan akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Berdasarkan uraian tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran tipe Think Pair Square yang meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Penajam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai jenis penelitia. Penelitian terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 SMP Negeri 5 Penajam yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data proses dan data hasil. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar tes format wawancara catatan lapangan dan dokumentasi yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) dan dokumentasi pembelajaran di kelas (foto). Langkah- langkah pembelajaran Think Pair Square yaitu (a) tanya jawab (b) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan orientasi tentang strategi yang digunakan (c) membentuk kelompok (d) menyajikan materi melalui peta konsep (e) menggunakan LKS dalam memberikan permasalahan (f) siswa bekerja secara individu (g) guru berkeliling kelas (h) siswa bekerja secara berpasangan (i) siswa bekerja secara berempat (j) presentasi (k)siswa memberikan tanggapan (l) membuat kesimpulan (m) evaluasi (n) penghargaan dan (o) mengingatkan materi berikutnya. Motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dari baik menjadi sangat baik terhadap pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110331

Actions (login required)

View Item View Item