Penerapan pembbelajaran silih tanya pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Tarakan / Sugeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembbelajaran silih tanya pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Tarakan / Sugeng

Sugeng (2013) Penerapan pembbelajaran silih tanya pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Tarakan / Sugeng. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sugeng 2013. Penerapan Pembelajaran Silih Tanya Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Teknik Alat Berat SMK Negeri 2 Tarakan. Tesis Program studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Toto Nusantara. M.Si (2) Dr. Subanji S.Pd M.Si. Kata Kunci Metode Silih Tanya Kemampuan Berpikir Kreatif 12288 12288 12288 12288 Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kreatifitas siswa dalam proses pembelajarannya. Terutama bagi sekolah kejuruan yang banyak dituntut oleh dunia usaha untuk menghasilkan tenaga-tenaga terampil dan kreatif. Kenyataannya banyak dari sekolah-sekolah yang masih kurang memberikan penekanan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa terutama dalam pembelajaran matematika. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil diskusi dengan guru dan wakil kurikulum SMK Negeri 2 Tarakan diperoleh bahwa selama ini di SMK Negeri 2 Tarakan belum ada upaya khusus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran normatif maupun adaftif. Sedangkan berdasarkan wawancara dengan beberapa guru matematika diperoleh bahwa materi trigonometri merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami siswa. Dengan demikian peneliti mencoba untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan metode silih tanya pada materi trigonometri yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. 12288 12288 12288 12288 Metode silih tanya merupakan strategi pembelajaran dengan pendekatan kontruktivis. Unsur utama dalam metode pembelajaran ini adalah problem posing atau pengajuan soal. Tahap-tahap pembelajaran dengan Metode silih tanya adalah (1) menyajikan masalah (2) menyusun masalah dan jawaban (3) membentuk kelompok (4) permainan silih tanya satu orang mengajukan soal dan anggota lain menjawab (5) mengoreksi dan menilai dan (6) mendiskusikan masalah-masalah yang sulit. Melalui tahap-tahap ini selain belajar lebih menyenangkan karena ada unsur permainan berpotensi meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan desain mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi/evaluasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dan langkah-langkah pembelajaran dengan metode silih tanya yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas X Teknik alat berat SMK Negeri 2 Tarakan.Untuk mengetahui proses tersebut dilakukan pengamatan terhadap sintaks pembelajaran oleh 2 orang observer sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa diketahui melalui tes kemampuan berpikir kreatif siswa. 12288 12288 12288 12288 Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh sebesar 89 00% dan berada pada kategori baik. Hal ini terjadi karena guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mengacu pada sintaks dan RPP yang telah ditetapkan dalam pembelajaran. Persentase kemampuan berpikir kreatif siswa secara klasikal sebesar 88% berada pada kategori cukup kreatif. Sedangkan hasil wawancara dengan subjek penelitian terlihat bahwa siswa yang termasuk kategori Kreatif cukup lancar dan luwes dalam membuat soal. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Langkah langkah pembelajaran dengan metode silih tanya yang meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu pada tahap awal guru menjelaskan materi prasyarat pada tahap inti secara berkelompok siswa berdiskusi untuk mengkontruksi pemahamannya tentang materi trigonometri melalui LKS. Langkah selanjutnya siswa mengajukan soal dari informasi yang diberikan oleh guru soal yang dibuat siswa kemudian ditukar dengan teman pada satu kelompok untuk saling dijawab. Aktivitas silih tanya untuk lebih menantang dan menyenangkan dilakukan dalam bentuk permainan silih tanya.langkah terakhir pada kegiatan inti membahas hal-hal yang sulit yang mungkin ditemui dalam kegiatan silih tanya. Pada tahap penutup guru membimbing siswa membuat kesimpulan dan melakukan evaluasi (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dari (60%) siswa pada kategori cukup kreatif pada siklus I menjadi kategori cukup kreatif (88%) pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 Pada pembelajaran dengan metode silih tanya pada materi trigonometri agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa peneliti menyarankan kepada para guru untuk (1) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan soal sendiri (2) Pada kegiatan permainan silih tanya memerlukan waktu yang cukup lama guru perlu mempertimbangkan jumlah soal yang dipergunakan tidak terlalu banyak. (3) Perlu memberikan bimbingan secara khusus kepada siswa bagaimana mengoreksi soal dan memberi skor yang baik karena sering terjadi perselisihan pada tahap ini.(4)Memperkuat kemampuan materi prasyarat siswa sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah dialokasikan.(5)Agar dalam tahap permainan silih tanya dapat berjalan dengan baik maka guru perlu mengatur dan mengawasi jalannya permainan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110330

Actions (login required)

View Item View Item