Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan macromedia flash pada materi garis dan sudut untuk SMP kelas VII / Titis Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan macromedia flash pada materi garis dan sudut untuk SMP kelas VII / Titis Anggraini

Anggraini, Titis (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan macromedia flash pada materi garis dan sudut untuk SMP kelas VII / Titis Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraini Titis. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macromedia Flash pada Materi Garis dan Sudut untuk SMP Kelas VII. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D Kata kunci media pembelajaran interaktif macromedia flash garis dan sudut Media pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Komputer dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam penggunaan media pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif akan memberi kesempatan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok untuk berperan aktif dalam mengkonstruksi sendiri pemahamannya terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan model pengembangan 4D tanpa fase diseminasi. Sesuai dengan kriteria kualitas produk dari pengembangan maka media pembelajaran interaktif yang dihasilkan nantinya harus memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Penentuan kriteria tersebut melalui proses validasi dan uji coba. Proses validasi dilakukan oleh dua validator yaitu dua orang dosen pendidikan matematika. Kriteria praktis didasarkan dari hasil observasi keterlaksanaan media pembelajaran oleh satu observer. Kriteria efektif didasarkan pada hasil skor tes penguasaan materi dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang telah digunakan. Untuk mendukung pelaksanaan media pembelajaran disusun beberapa instrumen penelitian. Instrumen penelitian meliputi (1) lembar validasi (2) lembar observasi (3) angket dan (4) tes penguasaan materi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dan instrumen penelitian memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif telah memenuhi kriteria praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110326

Actions (login required)

View Item View Item