Pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8 SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Ita Chairun Nissa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8 SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Ita Chairun Nissa

Nissa, Ita Chairun (2013) Pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8 SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Ita Chairun Nissa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nissa Ita Chairun. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 8 SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si Kata kunci pembelajaran berbasis masalah scaffolding hasil belajar Pemecahan masalah merupakan salah satu dari beberapa kemampuan yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa ketika mempelajari matematika. Konsep maupun prinsip matematika yang dipelajari oleh siswa akan bermakna apabila siswa mampu menggunakannnya untuk memecahkan masalah. Akan tetapi tidak mudah untuk membuat siswa menjadi pemecah masalah yang handal karena siswa harus mampu menguasai dengan baik suatu konsep pengetahuan memiliki penalaran matematika yang baik mampu berpikir logis kritis dan kreatif. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis masalah dengan scaffolding yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8 yang berupa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8 sebanyak 30 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk pelaksanaan tes. Data yang dikumpulkan penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar siswa nilai lembar kerja siswa aktivitas siswa dan hasil wawancara. Data dikumpulkan melalui tes kegiatan mengerjakan lembar kerja siswa observasi dan wawancara. Subjek wawancara sebanyak 3 orang yang dipilih berdasarkan perolehan nilai tes tertinggi rata-rata dan di bawah rata-rata Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika siswa diberikan kesempatan untuk berpikir menurut pemikiran siswa sendiri ternyata mampu menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah dalam diri siswa. Pekerjaan siswa pada lembar kerja siswa menunjukkan adanya keberagaman cara berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Ada siswa yang menggunakan rumus matematika yang sudah ada ada siswa yang menggunakan konsep dan ada siswa yang menggunakan representasi geometri. Selain itu melalui pemberian scaffolding siswa juga dibantu untuk dapat memecahkan masalah seperti memahami masalah memilih strategi yang tepat memilih operasi hitung yang akan digunakan dan menarik kesimpulan. Nilai tes hasil belajar siswa dan rata-rata nilai lembar kerja siswa pada siklus I menunjukkan belum tercapainya ketuntasan klasikal berturut-turut yaitu 76 66% dan 73 33%. Peningkatan hasil belajar tampak pada nilai tes hasil belajar siswa dan rata-rata nilai lembar kerja siswa pada siklus II yang menunjukkan sudah tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal berturut-turut yaitu 83 33% dan 83 33%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I dan siklus II pada setiap pertemuan menunjukkan kriteria aktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110324

Actions (login required)

View Item View Item