Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk membangun pemahaman konsep garis singgung persekutuan dua lingkaran / Vivin Nur Afidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk membangun pemahaman konsep garis singgung persekutuan dua lingkaran / Vivin Nur Afidah

Afidah, Vivin Nur (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk membangun pemahaman konsep garis singgung persekutuan dua lingkaran / Vivin Nur Afidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Garis singgung Lingkaran Media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen pembelajaran. Salah satu jenis media pembelajaran adalah media pembelajaran interaktif. Dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan garis singgung persekutuan dua lingkaran siswa masih kesulitan dan cenderung menghafal rumus. Salah satu penyebab siswa belum memahami konsep garis singgung persekutuan dua lingkaran adalah pembelajaran garis singgung persekutuan dua lingkaran di SMPN 1 Lumajang belum menggunakan media pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang membangun pemahaman siswa. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan adalah media pembelajaran interaktif yang dirancang berdasarkan karakteristik pembelajaran dengan bantuan komputer / Computer Assisted Instruction (CAI) tipe tutorial. Selain itu dirancang berdasarkan teori beban kognitif yaitu meminimalkan pemrosesan beban kognitif extraneous mengatur pemrosesan beban kognitif intrinsic dan mengembangkan pemrosesan beban kognitif germane. Media pembelajaran interaktif berisi materi garis singgung persekutuan dua lingkaran latihan soal beserta umpan balik (feedback) pembahasan dan penilaian. Media pembelajaran dikemas dalam bentuk software dengan menggunakan Macromedia Flash. Penyampaian materi garis singgung persekutuan dua lingkaran dalam bentuk animasi gambar yang disertai narasi. Dalam penggunaannya ada interaksi antara pengguna dengan materi dalam media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengikuti model pengembangan 4D yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan) Hasil pengembangan menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli dan praktisi media pembelajaran interaktif memperoleh skor rata-rata semua aspek sebesar 3 26 dan dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif valid. Validator juga memberikan saran untuk menambahkan soal yang menantang soal open ended dan soal problem possing menampakkan tampilan garis serta menyederhanakan kalimat pada media pembelajaran. Hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa diperoleh skor rata-rata semua aspek yaitu 3 42 dan 3 43 maka dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif memenuhi kriteria kepraktisan yaitu praktis. Dari hasil kuis menunjukkan 96 3% siswa mencapai tingkat pemahaman minimal tinggi. Hasil tes penguasaan bahan ajar menunjukkan 96 3% siswa mencapai tingkat penguasaan minimal tinggi. Sedangkan dari hasil angket respon siswa diperoleh skor rata-rata angket respon siswa yaitu 3 31. Berdasarkan hasil kuis dan tes penguasaan bahan ajar serta angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif telah memenuhi kriteria efektif. yang ditetapkan yaitu pemahaman dan penguasaan materi garis singgung persekutuan dua lingkaran memenuhi kategori minimal tinggi serta respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif menunjukkan respon positif. Dengan demikian media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan merupakan media pembelajaran yang valid praktis dan efektif. Untuk pengembangan lebih lanjut media pembelajaran interaktif ini perlu dikombinasikan dengan program penyimpan data (misalnya program database) sehingga hasil aktivitas siswa dapat terekam. Selain itu perlu dikembangkan dengan memasukkan aktivitas memanipulasi gambar-gambar sehingga media ini dikatakan sebagai virtual manipulative .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110321

Actions (login required)

View Item View Item