Arifianti, Firda (2013) Pengembangan buku kerja topik aproksimasi kesalahan untuk Program Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) kelas X / Firda Arifianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Arifianti Firda. 2013. Pengembangan Buku Kerja Topik Aproksimasi Kesalahan untuk Program Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) Kelas X Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci buku kerja program keahlian TPHP aproksimasi kesalahan. Pengembangan bahan ajar berupa buku kerja dengan topik aproksimasi kesalahan untuk program keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) kelas X ini didasarkan kenyataan bahwa di SMK Negeri 1 Purwosari belum ada bahan ajar yang disesuaikan dengan program keahlian siswa. Hasil pengembangan ini diharapkan dapat memenuhi tersedianya bahan ajar yang dapat memberi kemampuan pada siswa untuk menerapkan Matematika di program keahliannya. Buku kerja ini dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang bertujuan untuk mengintegrasikan ide matematika ke dalam konteks kehidupan nyata (program keahlian siswa) dengan harapan siswa dapat memahami apa yang dipelajari dengan baik dan mudah. Untuk mencapai tujuan tersebut model yang digunakan dalam pengembangan buku kerja topik aproksimasi kesalahan ini adalah model Dick Carey Carey (2001). Model ini memaparkan sembilan langkah yang diawali dengan analisis dan berakhir dengan penilaian dan revisi rancangan sistem pembelajaran secara prosedural. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa buku kerja topik aproksimasi kesalahan ini sudah divalidasi oleh tiga validator dengan tingkat kevalidan 83 33% dan memenuhi kriteria valid. Setelah dilakukan validasi buku kerja ini diujicobakan perseorangan untuk uji keterbacaan. Dari uji keterbacaan ini diketahui kesulitan siswa dalam memahami isi buku kerja. Setelah dilakukan revisi sesuai masukan dari uji keterbacaan akhirnya dilakukan uji coba lapangan. Dari uji coba lapangan ini diperoleh hasil bahwa buku kerja yang dikembangkan praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket respon guru dengan tingkat kepraktisan 89 29% dan memenuhi kriteria praktis. Dari hasil tes akhir materi aproksimasi kesalahan diperoleh ketuntasan belajar klasikal 88 24%. Dari hasil angket respon siswa diperoleh tingkat pencapaian respon positif 88 97% dan memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian buku kerja yang telah dikembangkan dapat dianggap sebagai bahan ajar yang valid praktis dan efektif. Buku kerja ini juga memerlukan perbaikan-perbaikan ataupun dikembangkan ulang demi sempurnanya suatu bentuk bahan ajar. Untuk pengembangan buku kerja selanjutnya analisa pemahaman konsep siswa hendaknya tidak hanya berdasarkan hasil kerja siswa secara tertulis tetapi perlu dilakukan wawancara dengan siswa secara mendalam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110320 |
Actions (login required)
View Item |