Irwantoko, Josef (2013) Pengembangan bahan ajar matematika keuangan bercirikan pembelajaran berbasis masalah untuk kelas XI Akuntansi SMK Negeri 5 Madiun / Josef Irwantoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan bahan ajar pembelajaran berbasis masalah matematika keuangan Keberadaan bahan ajar sebagai sumber belajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Selama ini siswa di SMKN 5 Madiun menggunakan buku teks sebagai sumber belajar. Buku teks tersebut belum maksimal dalam membantu siswa mengkonstruksi pemahaman siswa dalam pemecahan masalah. Aktivitas dan langkah-langkah dalam buku teks yang digunakan selama ini tidak secara eksplisit memberi kesempatan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok untuk berperan aktif dalam mengkonstruksi sendiri pemahamannya untuk dapat secara mandiri memecahkan masalah-masalah matematika keuangan. Berdasarkan masalah tersebut maka dikembangkan bahan ajar matematika keuangan yang memuat kegiatan untuk memberi kesempatan kepada siswa berperan aktif dalam mengkonstruksi sendiri pemahamannya menemukan konsep dan dapat menentukan kesimpulan sehingga secara mandiri ataupun berkelompok dapat memecahkan masalah-masalah matematika keuangan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang demikian merupakan ciri dari pembelajaran berbasis masalah. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar matematika keuangan bercirikan pembelajaran berbasis masalah untuk kelas XI Akuntansi SMKN 5 Madiun yang valid praktis dan efektif. Pembelajaran ini menggunakan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah menurut Fogarty yaitu (1) menemukan masalah (2) mendefinisikan masalah (3) mengumpulkan fakta-fakta (4) menyusun dugaan sementara (5) menyelidiki (6) menyempurnakan permasalahan yang telah didefinisikan (7) menyimpulkan alternatif-alternatif pemecahan secara kolaboratif (8) menguji solusi permasalahan. Bahan ajar ini dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Plomp tanpa fase implementasi. Kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan ditetapkan oleh peneliti. Kevalidan ditentukan dari hasil validasi tiga validator yaitu dua orang dosen dan seorang praktisi. Kepraktisan ditentukan dari hasil pengamatan dua observer dan keefektifan ditentukan dari hasil pengamatan dua observer terhadap aktivitas guru aktivitas siswa selama pembelajaran sebagai pengguna pada saat uji coba lapangan. Untuk mendukung pelaksanaan bahan ajar ini juga dirancang RPP dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian meliputi (1) lembar validasi (2) lembar observasi (3) angket dan (4) tes. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa bahan ajar RPP dan instrumen penelitian memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar telah memenuhi kriteria praktis dan efektif. Untuk pengembangan lebih lanjut perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut (a) pilih materi yang cocok untuk dibelajarkan kepada siswa melalui pembelajaran berbasis masalah (b) upayakan pengembangan bahan ajar bercirikan pembelajaran berbasis masalah yang cocok untuk karakteristik dan masalah pembelajaran yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110319 |
Actions (login required)
View Item |