Nurcholis, Achmad (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan software macromedia flash pada volume bangun ruang untuk siswa SMP / Achmad Nurcholis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash volume bangun ruang Media pembelajaran merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif termasuk dalam pembelajaran materi volume bangun ruang. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif akan memberi kesempatan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok untuk berperan aktif dalam mengkonstruksi sendiri pemahamannya terhadap materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah dihasilkan media pembelajaran interaktif pada materi volume bangun ruang untuk siswa SMP. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan model pengembangan 4D tanpa fase diseminasi. Sesuai dengan kriteria kualitas produk dari pengembangan maka media pembelajaran interaktif yang dihasilkan nantinya memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Penentuan kriteria tersebut melalui proses validasi dan uji coba. Proses validasi dilakukan oleh tiga validator yaitu dua orang dosen pendidikan matematika dan seorang guru mata pelajaran matematika di SMP. Kriteria praktis didasarkan dari hasil observasi keterlaksanaan media pembelajaran oleh dua observer. Kriteria efektif didasarkan pada hasil skor tes penguasaan materi dan respon siswa terhadap media pembelajaran yang telah digunakan. Untuk mendukung pelaksanaan media pembelajaran juga dirancang RPP dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian meliputi (1) lembar validasi (2) lembar observasi (3) angket dan (4) tes. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif RPP dan instrumen penelitian memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif telah memenuhi kriteria praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110318 |
Actions (login required)
View Item |